Monday, 03 January 2022 00:00

Menyongsong 2022 Dengan Semangat Baru

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI KOMENTAR Sepanjang tahun 2021 bangsa Indonesia berkutat dengan dua pekerjaan besar, yakni memutus rantai Covid-19 dan menjaga perekonomian agar tetap tumbuh.

Presiden Widodo (Jokowi)  melalui unggahannya di akun resmi instagram @jokowi di Jakarta, satu hari menjelang pergantian tahun 2022, menyebutkan usaha mengatasi masalah pandemi dan ekonomi harus seimbang, meski pandemi sejauh ini sudah semakin melandai.

Sementara di hari pertama tahun 2022, Presiden mengatakan, selama hampir dua tahun terakhir ini, seperti halnya negara-negara lain di dunia, bangsa Indonesia pun mengalami berbagai cobaan. Baik itu berupa pandemi Covid-19, resesi ekonomi maupun situasi ketidakpastian yang tinggi. Menurutnya, Indonesia telah melewati berbagai ujian berat yang menempa bangsa ini menjadi lebih kuat. Dengan tempaan itu, Presiden mengajak seluruh pihak agar memiliki semangat baru  dan bekerja untuk Indonesia Maju.Diyakini, semua ujian di tahun 2021 itu, telah lebih menguatkan dan menyatukan bangsa Indonesia.

Apa yang disampaikan presiden sudah sepatutnya mendapat perhatian dari semua pihak, untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi mengingat Indonesia tahun ini memiliki banyak pekerjaan besar. Seperti pemulihan ekonomi, mengatasi masalah kesehatan, dan juga menyukseskan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan kelompok negara-negara ekonomi besar/maju G-20.

Sebagaipejabat Presidensi G20, Indonesia bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan kelompok G20 selama setahun kedepan. Aktivitas G20 dalam setiap presidensi normalnya mencakup 3-4 pertemuan tingkat working group (WG), 3-4 tingkat deputi, 2-4 tingkat Menteri dan diakhiri dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri oleh para Kepala Negara anggota G20.

Selain kesiapan sebagai Presidensi G20, Indonesia juga masih harus tetap berjuang mendorong pertumbuhan ekonomi serta menahan laju penyebaran Covid-19.Penyebaran kasus Covid-19 di dunia mencetak rekor tertinggi akhir-akhir ini akibat varian Omicron. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti adanya 'tsunami' COVID yang akan membebani sistem kesehatan global.

Untuk itu, ajakan Presiden kepada seluruh pihak agar memiliki semangat baru dan bekerja untuk Indonesia Maju di tahun 2022 ini sudah sepatutnya diikuti. Selamat Tahun Baru 2022.



Read 589 times Last modified on Monday, 03 January 2022 12:21