Wednesday, 21 September 2022 12:12

Pariwisata Sumatera Utara, Bangkit Lebih Kuat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

 

(voinews.id)RRI Voice of Indonesia menyelenggarakan gelar wicara Diplomatic Forum ke-43 di Hotel Grand City Hall Medan pada Rabu 21 September 2022. Diplomatic Forum adalah program acara unggulan RRI Voice of Indonesia yang menampilkan isu aktual internasional yang dibahas bersama sejumlah narasumber dalam Bahasa Inggris.

Pembicara yang hadir dalam Diplomatic Forum kali ini adalah Konsul Muda Jepang Asano Shunya, Konsul Politik dan Ekonomi Malaysia Azizah, Konsul Kehormatan Jerman Adhyaksa Darmadi, Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumut Melky Waas dan Wakil Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia Sumut Clement HJ Gultom.

Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sebagai pembicara kunci secara virtual.

Diplomatic Forum disiarkan secara live melalui streaming di www.voinews.id, saluran Youtube @voiindonesia dan jejaring sosial Facebook ‘The Voice of Indonesia’.

Tema yang dibahas adalah North Sumatra Tourism, Recover Stronger (Pariwisata Sumatera Utara, Bangkit Lebih Kuat).

Direktur RRI Voice of Indonesia Soleman Yusuf mengatakan, “tema ini dipilih mengingat terjadinya peningkatan pariwisata Sumatera Utara setelah sebelumnya mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.” Lonjakan tajam kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Sumatera Utara terlihat dari data statistik yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut BPS Provinsi Sumatera Utara, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke provinsi tersebut pada Juli 2022 tercatat 7518 kunjungan. Sementara pada periode yang sama tahun 2021 hanya terdapat 28 kunjungan wisman. Ini berarti terjadi kenaikan sebesar 26.750 persen.

“Momentum ini harus dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mendorong peningkatan ekonomi di Sumatera Utara,” kata Soleman Yusuf, Rabu (21/9/2022) di Medan. Soleman Yusuf berharap, peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara akan memiliki efek domino terhadap sektor lain, salah satunya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Kita berharap sektor UMKM dapat memanfaatkan momentum ini sehingga dampak dari peningkatan kunjungan wisatawan dapat dinikmati bersama,” katanya.

 

voinews.id

Read 89 times Last modified on Wednesday, 21 September 2022 20:06