Monday, 21 November 2022 15:18

Aturan Baru di Piala Dunia Qatar, Sudah Tau?

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jakarta (voinews.id) : Piala Dunia Qatar 2022 sudah dimulai sejak Minggu (20/11). Seluruh mata masyarakat dunia tertuju pada ajang olahraga bergengsi tingkat dunia itu saat ini. Bahkan menurut Presiden FIFA Gianni Infantino, ada lebih dari 5 miliar mata menyaksikan kontestasi sepak bola bergengsi antar negara ini.

Sebanyak 32 negara berkompetisi untuk meraih gelar juara dunia tahun 2022. Namun tahukah kamu apa saja aturan yang berlaku pada Piala Dunia Qatar?

Tenggat waktu

Ke-32 tim yang berkompetisi di turnamen ini harus menyerahkan daftar tim mereka ke FIFA paling lambat 14 November, yaitu satu minggu sebelum dimulainya Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Bahkan, beberapa pelatih tim nasional sudah mengumumkan daftarnya beberapa hari sebelum tenggat waktu. FIFA secara resmi akan menerbitkan 32 daftar pada 15 November.

Jumlah pemain yang diizinkan

Pada Piala Dunia sebelumnya, FIFA membatasi jumlah pemain tim nasional hanya sebanyak 23 orang. Namun pada Piala Dunia 2022 kali ini Biro Dewan FIFA menyetujui peningkatan hingga maksimal 26 pemain per tim, untuk dipilih dari daftar rilis 55 nama (versus 35 di Rusia 2018). Keputusan untuk menambah jumlah pemain dalam daftar sementara dan final ini terkait dengan, antara lain, efek lanjutan dari pandemi COVID-19, termasuk pemilihan waktu penyelenggaraan Piala Dunia Qatar yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2022.

Komposisi tim

Daftar skuad untuk Qatar 2022 harus menyertakan tiga penjaga gawang. Tidak ada batasan atau ketentuan mengenai jumlah pemain belakang, gelandang, atau penyerang.

Ketibaan di Qatar

Klub harus melepas pemain yang masuk dalam daftar timnas paling lambat 14 November. Ke-32 tim harus tiba di Qatar paling lambat lima hari sebelum dimulainya pertandingan pembukaan mereka.

Penggantian pemain

Jika salah satu pemain yang awalnya masuk dalam daftar skuat mengalami cedera atau tertular COVID-19, dia dapat diganti hingga sehari sebelum pertandingan pertama tim yang bersangkutan. Dalam situasi ini, pemanggilan baru tidak harus masuk dalam daftar rilis 55 orang. Setiap pemain baru akan dialokasikan nomor pemain yang digantikannya dalam skuad.

Bangku pengganti

Sebanyak 15 orang pemain pengganti dan 11 orang official (maksimal 26 orang) diizinkan duduk di bangku tim selama pertandingan. Dari 26 orang yang dimaksud, harus terdapat 1 orang dokter tim.

Substitusi

Selama pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, tiap tim dapat melakukan pergantian pemain hingga 5 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan Piala Dunia Rusia sebelumnya yang hanya mengizinkan 3 kali pergantian. Keputusan ini secara permanen disetujui oleh Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada Rapat Umum Tahunan ke-136 di bulan Juni.

Nomor punggung

Nomor punggung yang ditampilkan pada seragam pemain harus sesuai dengan nomor yang ditunjukkan pada daftar skuad (dari 1 hingga 26). (Dikutip dari berbagai sumber)

Read 310 times Last modified on Monday, 21 November 2022 15:22