Wednesday, 08 May 2024 21:11

Indonesia Tegaskan Hubungan Penting dengan Negara-negara Pasifik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

WhatsApp Image 2024-05-08 at 17.17.38 04de776cVOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan Indonesia sangat mementingkan hubungan baik dengan negara-negara Pasifik. Hal itu ia sampaikan usai memimpin pertemuan Joint Ministerial Commission (JMC) ke-4 antara Indonesia dan Papua New Guinea (PNG) di Jayapura, Rabu (08/05/2024).

"Tahun lalu untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Negara Kepulauan dan Pulau-Pulau Kecil yang dihadiri banyak negara Pasifik," kata Retno.

Pada 2022, Indonesia menjadi tuan rumah The Indonesia Pacific Forum for Development yang menjadi forum untuk mengembangkan kerja sama konkrit dengan negara-negara Pasifik. Retno Marsudi menambahkan, pada masa kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun lalu, Indonesia juga memprakarsai kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat Forum Kepulauan Pasifik (PIF).

"Inisiatif ini mendapat dukungan kuat baik dari ASEAN maupun dari PIF," katanya.

Lebih lanjut, Retno Marsudi juga mengatakan Presiden RI Joko Widodo juga menjadi tuan rumah pembicaraan trilateral dengan Perdana Menteri PNG dan Perdana Menteri Fiji tahun lalu di sela KTT APEC di San Francisco. Selain itu, menurut dia, kerja sama yang kuat juga terjalin antara Indonesia dengan negara-negara Melanesia (MSG).

"Indonesia mengembangkan kolaborasi yang kuat, termasuk program pelatihan untuk mendukung Peta Jalan MSG tentang Pengelolaan Perikanan, Pelatihan polisi Penjaga Perdamaian PBB, dan pelatihan Diplomatik untuk negara-negara anggota MSG," kata Retno.

Retno Marsudi menambahkan Indonesia juga sepakat untuk bekerja sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Pasifik dengan mempersiapkan negara-negara Pasifik dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk terkait dengan perubahan iklim dan pengelolaan perikanan.

"Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan MSG dan PIF untuk memperkuat kapasitas kedua organisasi dalam mencapai tujuan tersebut," katanya.

Read 56 times