Wednesday, 30 November 2022 11:19

Festival Teater Jakarta 2022 Menghadirkan Lebaran Teater

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Festival Teater Jakarta (FTJ) 2022 menyelenggarakan program Lebaran Teater untuk pertama kalinya pada 1 hingga 12 Desember 2022 sebagai puncak apresiasi teater setelah melalui proses lomba dan kurasi.

"Perhelatan ini kita maknai sebagai lebaran teater di mana seluruh komunitas teater yang ada di Jakarta dapat hadir bersilaturahmi bertemu berdialog bertukar pikiran dan bertukar gagasan dan ide melalui pertunjukan yang mereka tampilkan," ujar Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Rusmantoro, dalam keterangannya, Selasa (29/11) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Lebaran Teater tahun 2022 mengambil tema 'Ingatan dan Kemudian'. Tema ini diambil sebagai upaya untuk mengabadikan pandemi Covid-19 sebagai refleksi dan kenyataan untuk menghadapi masa depan.

Menurut Rusmantoro, Festival Teater Jakarta selain memberi kesempatan dan memacu para seniman teater untuk lebih meningkatkan kualitas keseniannya serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni teater, juga diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan pekerja teater terhadap fenomena nilai-nilai sosial kultural yang terus berkembang di masyarakat yang nantinya akan tercermin dari karya-karya yang dihasilkan.

Ia pun menambahkan, sebagai sebuah ajang kreativitas masyarakat teater Jakarta yang telah bertahan hingga 49 tahun, FTJ menjadi sebuah fenomena menarik untuk dikaji dan diuji sebagai mekanisme pembinaan teater di Jakarta.

"Perjalanannya yang relatif panjang menjadi bukti eksistensi sebuah proses pembinaan yang terus-menerus tanpa putus yang mengisyaratkan adanya sistem yang mapan dan terjaga untuk terus memberikan ruh kehidupan agar teater tetap selalu hidup dan berkembang di Jakarta," ujarnya.

Dirinya pun berharap agar pelaksanaan Festival Teater Jakarta dapat menjadi barometer pembinaan teater di seluruh Indonesia. Khususnya bagi lembaga atau instansi terkait yang memiliki wewenang dan kepentingan bagi kehidupan teater di Indonesia.

"Dinas Kebudayaan Jakarta berkepentingan untuk tetap mengawal dan mendukung kegiatan festival teater Jakarta agar tetap terus dilaksanakan," katanya.

Komitmen ini, menurutnya, sampai saat ini maupun masa mendatang akan terus dipegang agar pembinaan pelaku sanggar dan lembaga teater Jakarta dapat terus dilakukan.

Dirinya pun berharap penyelenggaraan FTJ 2022 dan Lebaran Teater, dapat meraih sukses sebagaimana yang diharapkan. (Ndy)

Read 277 times