Wednesday, 07 December 2022 11:19

Dubes Vietnam Akui Indonesia Selalu Dukung Vietnam

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

(voinews.id) Indonesia selalu mendukung Vietnam dalam berbagai hal. Bahkan ketika Amerika Serikat dan negara Barat memberlakukan embargo ekonomi terhadap Vietnam pada tahun 1975 dan negara itu menghadapi masalah dengan Kamboja, Indonesia selalu ada untuk Vietnam dengan menyelenggarakan Jakarta International Meeting (JIM) 1 dan JIM 2. Demikian dikatakan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong dalam pertemuan akhir tahun Kedutaan Besar Vietnam dengan media di Jakarta, Selasa (6.12).

“Vietnam diblokir Amerika Serikat dan negara-negara barat. dan kami juga memiliki masalah dengan Kamboja. Sanksi ekonomi dan embargo juga dikenakan kepada Vietnam. Kami pada waktu itu menghadapi beberapa kesulitan. Dan sekali lagi. Indonesia hadir dan menjadi tuan rumah konferensi internasional, JIM 1 dan JIM 2. Dan solusi Kamboja tercapai dan puji syukur embargo dan sanksi dicabut dan Vietnam dapat memperluas hubungannya dengan negara-negara lain di dunia.

 Duta Besar Ta Van Thong menambahkan. pada tahun 1995 Indonesia juga merupakan negara anggota ASEAN pertama yang mendukung Vietnam untuk masuk menjadi negara ASEAN.

“Pada tahun 1995, Indonesia juga menjadi anggota ASEAN pertama yang mendukung Vietnam untuk masuk ke ASEAN. Tidak semua anggota ASEAN saat itu menyatakan dukungannya kepada keanggotaan kami, tetapi Indonesia adalah anggota pertama dan juga berada di belakang upaya kami di ASEAN. Dan keanggotaan di ASEAN benar-benar menghidupkan Vietnam dalam upaya kami untuk lebih berintegrasi ke dalam komunitas internasional di bidang ekonomi, politik dan bidang lainnya.”

Tahun 2023 Indonesia dan Vietnam akan merayakan 10 tahun hubungan kemitraan strategis (strategic partnership). Hubungan persahabatan antara Indonesia dan Vietnam sudah terjalin sejak sebelum tahun 1945 dan diresmikan 30 Desember 1955  Sejak saat itu hubungan bilateral dan kerja sama multidimensi dibina dan dipupuk oleh berbagai generasi pemimpin dan masyarakat di kedua negara. (VOI.AHM.edit r)

Read 320 times Last modified on Wednesday, 07 December 2022 12:17