Wednesday, 07 December 2022 11:37

30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Azerbaijan Tingkatkan Saling Percaya

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jakarta (voinews.id) : Wakil Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elnur Mammadov mengatakan dalam 30 tahun hubungan diplomatik Republik Azerbaijan dan Republik Indonesia kedua negara telah meningkatkan sikap saling percaya yang patut dirayakan.

“Saya ingat satu hal penting. Kita telah mengembangkan sikap saling percaya dalam 30 tahun terakhir. Ini adalah sesuatu yang patut dirayakan,” katanya dalam acara Peringatan 30 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Azerbaijan, Selasa (6/12) di Jakarta.

Disela kunjungannya ke Indonesia dalam rangka menghadiri Forum Demokrasi Bali (BDF) 2022, Elnur Mammadov mengatakan Indonesia dan Azerbaijan memiliki tantangan jarak geografis yang cukup jauh.

“Kita tahu ada jarak geografis diantara kedua negara sehingga tak mungkin hubungan ini akan berkembang dengan sendirinya. Kita harus melakukan upaya agar hubungan ini meningkat. Inilah yang kami lakukan dengan melakukan kunjungan ini,” kata Elnur Mammadov.

Wakil Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elnur Mammadov menambahkan dalam kurun 30 tahun terakhir, Indonesia dan Azerbaijan telah mengembangkan kerjasama dan dialog bukan hanya di tingkat bilateral namun juga multilateral.

“Ini juga berlangsung di sela-sela banyak acara internasional seperti Sidang Umum PBB, pertemuan Gerakan Non-Blok, dan Organisasi Kerjasama Islam dimana kami berbagi nilai dan solidaritas Islam,” katanya.

Elnur mengatakan, ada pula saling kunjung oleh masing-masing pejabat negara hingga anggota parlemen kedua negara.

“Jadi pertemuan dan kunjungan telah dilaksanakan meskipun bukan pertemuan bilateral (kedua kepala negara) secara fisik,” katanya.

Elnur Mammadov berharap pemimpin pemerintahan Indonesia dan Azerbaijan dapat segera bertemu dalam sebuah pertemuan bilateral agar kerja sama keduanya dapat terus ditingkatkan.

Read 217 times Last modified on Wednesday, 07 December 2022 11:41