Thursday, 02 August 2018 00:00

Duta Suporter Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni kali ini  informasi mengenai  Duta Suporter Indonesia. 

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi, Niken Widiastuti menyatakan Asian Games 2018 merupakan sebuah ajang penting bagi nama Indonesia. Sehingga untuk menyukseskan ajang olahraga se-Asia ini membutuhkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat. Karenanya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi, membuat aplikasi Duta Suporter Indonesia. Melalui aplikasi ini, dilakukan pemilihan perwakilan suporter Indonesia dari seluruh daerah di Indonesia sehingga turut memiliki dan terlibat pada penyelenggaraan Asian Games 2018 secara digital. Aplikasi berbasis sistem operasi Android ini sudah dirilis Juli kemarin dan sudah tersedia di Google Play Store, dan dapat juga mendaftar di situs Duta Suporter Indonesia.

 

Duta Suporter Indonesia (DSI) merupakan suatu kompetisi untuk mencari duta suporter dari setiap provinsi di Indonesia sebagai bentuk dukungan untuk Asian Games 2018. Duta adalah orang yang terpilih untuk mewakili suporter Indonesia dari masing-masing provinsi berdasarkan hasil voting melalui aplikasi. Dukungan tersebut diberikan oleh voters (orang yang dapat memilih duta suporter), dengan cara memberikan vote kepada duta pilihannya. Voters hanya bisa memilih satu duta laki-laki dan satu duta perempuan (dapat dari provinsi yang berbeda) untuk setiap tugas yang telah diselesaikan. Voters dapat memberikan vote duta pilihannya kembali setelah duta tersebut menyelesaikan tugas berikutnya. Hal yang perlu diingat adalah duta tidak bisa menjadi voters.

Tugas seorang duta adalah menyelesaikan tugas yang diberikan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Dalam satu minggu, akan ada dua tugas yang harus diselesaikan. Untuk setiap tugas yang telah diselesaikan, setiap duta harus mengumpulkan voting sebanyak mungkin agar dapat terpilih menjadi perwakilan dari provinsinya.

Nantinya, akan terdapat 68 duta suporter yang terpilih berdasarkan jumlah suara terbanyak di masing-masing provinsi di Indonesia. Dari setiap provinsi akan diambil satu duta laki-laki dan satu duta perempuan. Keduanya akan mendapatkan undangan dan kesempatan menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. Syarat mendaftar menjadi duta di antaranya, berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dengan kewarganegaraan Indonesia, serta pendaftar berusia 18-45 tahun. Periode program DSI berlangsung selama satu bulan, yakni 7 Juli hingga 7 Agustus 2018. Aplikasi DSI menyediakan fasilitas lain, yakni terdapat kuis harian, di mana hadiahnya merupakan merchandise Asian Games 2018. Selain itu, terdapat pula berita seputar Asian Games 2018.

 

Read 916 times Last modified on Thursday, 02 August 2018 12:20