Tuesday, 14 February 2023 09:14

F1 Power Boat Danau Toba diprediksi berikan Dampak signifikan terhadap Perekonomian Sumut

Written by 
Rate this item
(0 votes)

(voinews.id) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan F1 Power Boat Danau Toba merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi dan peluang usaha bagi masyarakat Sumatera Utara. Dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (13/2) di Jakarta, ia mengatakan ajang internasional ini diprediksi akan meraih atensi tinggi media digital dan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Sumatera Utara.



“Dan F1 Power Boat ini diprediksi akan meraih atensi 180 juta impresi media digital dan dampak langsung 212 Milliar Rupiah terhadap ekonomi Sumatera Utara”, ujar Sandiaga.



Sandiaga Uno lebih lanjut mengatakan dampak langsung perekonomian akibat F1 Power Boat akan lebih banyak dirasakan oleh sektor UMKM. Menurutnya, Kemenparekraf telah melakukan pelatihan dan penguatan rantai pasok sehingga UMKM dapat memaksimalkan potensi ekonomi yang ada saat F1 Power Boat Danau Toba diselenggarakan.



F1 Power Boat Danau Toba akan diselenggarakan pada 24 hingga 26 Februari 2023. Kejuaraan ini diikuti oleh 20 peserta dari 10 tim yang datang dari berbagai negara di antaranya Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Tiongkok, Portugal, Brazil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar. Sandiaga Uno mengatakan, persiapan balap powerboat (jet air) dengan level tertinggi di dunia (seperti MotoGP) ini telah memasuki tahap akhir.

"Tinggal 11 hari lagi, jadi tolong dipromosikan bersama. Ini (F1 PowerBoat) akan digelar di kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba. Pelaksanaan ini terpantau sudah berjalan sesuai dengan rencana mulai dari (pembangunan) dry paddock dan wet paddock," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya, Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga dan pihak terkait lainnya dikatakan Sandiaga juga memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM). Memastikan keterlibatan masyarakat melalui penyiapan homestay, paket desa wisata, termasuk pengembangan produk-produk UMKM lokal.

Event F1 PowerBoat ditargetkan dapat menarik kunjungan 25 ribu wisatawan mulai dari atlet, official, kru, dan lainnya. Sehingga dapat mendorong capaian target 7,4 juta wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun ini.

Read 212 times