Monday, 17 April 2023 00:00

Perspektif Internasional Liburan mudik,

Written by 
Rate this item
(0 votes)



Hari Idul Fitri atau Lebaran yang diperkirakan jatuh tanggal 21 April mendatang merupakan hari raya dan liburan terpenting di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Sudah menjadi tradisi, menjelang hari tersebut masyarakat berbondong-bondong meninggalkan kota besar tempat mencari nafkah dan kembali ke kampung halaman untuk merayakannya bersama keluarga dan kerabat. Moda transportasi yang paling banyak digunakan adalah kendaraan roda empat, baik milik pribadi maupun sewaan. Akibatnya, kemacetan parah seringkali terjadi di beberapa ruas jalan, bahkan di jalan tol, menuju daerah-daerah tertentu.

Jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan melonjak dari 86 juta tahun lalu menjadi 123 juta tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung kesiapan mudik di pelabuhan Merak, Selasa 11 April lalu. Dalam kata sambutannya, Presiden Jokowi berharap arus mudik tahun ini akan berjalan dengan baik.

Sebenarnya puncak kesibukan arus mudik pada hari-hari tertentu tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat dan Kanada. Tradisi mudik setiap tahun di sana adalah untuk merayakan hari libur nasional, seperti Thanksgiving setiap tanggal 24 November atau hari Natal tanggal 25 Desember.


Sementara itu, di benua Eropa, puncak keramaian perjalanan biasanya bukan ketika merayakan hari besar melainkan pada saat liburan musim panas. Masyarakat Eropa Utara secara massal akan melakukan perjalanan menuju ke kawasan wisata tepi pantai di Eropa Selatan untuk menikmati sinar matahari. Kemacetan total biasanya terjadi di jalan jalan tol Prancis yang dikenal dengan nama Route du Soleil, atau rute menuju sinar matahari. Fenomena itu sering disebut sebagai black Friday karena masyarakat Prancis biasanya memulai musim liburan mereka pada hari Jum’at, memasuki akhir pekan .

Namun arus mudik paling besar di planet bumi ini adalah perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek. Pada Januari tahun 2023 ini tercatat 2,1 milyar pergerakan moda transportasi darat, laut dan udara di sana. Moda transportasi yang paling diminati oleh masyarakat Cina adalah Kereta Api.
Bagi orang Indonesia mudik atau beramai-ramai pulang kampung punya makna tersendiri. Selain memuaskan rasa rindu kepada keluarga dan handai tolan, pemudik umumnya akan membelanjakan uang yang diperoleh selama bekerja di perantauan di kampung halaman masing-masing. Maka terjadilah pergerakan ekonomi yang cukup menggembirakan di daerah.

Semoga arus mudik dalam rangka merayakan Lebaran 2023 akan berjalan dengan lancar. Sekian Komentar hari ini.//


Read 430 times Last modified on Tuesday, 18 April 2023 09:29