Tuesday, 28 February 2023 00:00

Dampak Ekonomi F1 Powerboat 2023

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Satu lagi ajang olahraga bergengsi berskala internasional diselenggarakan di Indonesia. Setelah menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), tahun ini digelar balapan bergengsi F1 Powerboat (F1H2O) World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.

F1 Powerboat World Championship 2023 merupakan seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O diikuti 10 tim dengan 20 pembalap. Dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan delapan seri balap, dengan seri pertama tahun 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Setelah Indonesia, seri selanjutnya akan digelar di Tiongkok.

F1 Powerboat World Championship 2023 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat tinggi negara tersebut bukan semata-mata ajang balap bergengsi, namun juga sebagai upaya Indonesia untuk mengembalikan kondisi perekonomian dan pariwisata usai dihantam pandemi Covid-19.

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan langsung lomba balap F1 Powerboat begitu besar. Mereka melakukan berbagai cara agar bisa menonton dan menyaksikan langsung para pebalap beraksi. Salah satu bukti dari antusiasme masyarakat tersebut adalah seluruh penginapan di Kota Balige terisi penuh, mulai dari hotel hingga homestay, bahkan rumah penduduk.

Meningkatnya arus wisatawan domestik mengunjungi kawasan wisata Danau Toba untuk menyaksikan F1 Powerboat, secara tidak langsung ikut menghidupkan kembali perekonomian masyarakat setempat. Tak hanya hotel dan penginapan, restoran juga ikut mengalami dampak positif dari F1 Powerboat. Peningkatannya sangat tinggi selama tiga hari event F1 Powerboat digelar. Berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dampak ekonomi dari F1 Powerboat diperkirakan mencapai angka 300 miliar Rupiah dengan target kunjungan wisatawan hingga 25.000 orang.

Indonesia patut berbangga telah sukses menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Powerboat di Danau Toba. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) serta tentunya masyarakat setempat serta wisatawan yang telah ikut serta menyukseskan ajang bergengsi ini.

Bangkit terus perekonomian dan pariwisata Indonesia!

Read 392 times Last modified on Tuesday, 28 February 2023 10:04