Monday, 15 May 2023 07:29

Indonesia tiga besar perolehan medali SEA games 2023

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews.id- Setelah tertahan cukup lama di peringkat keempat dalam klasemen perolehan medali, kontingen Indonesia kini berhasil menembus peringkat tiga besar dan melampaui 60 medali emas pada hari kesembiilan pertandingan SEA Games 2023 di Kamboja. Dalam daftar perolehan medali yang dirilis laman penyelenggara SEA Games pada Minggu hingga pukul 23.30 WIB, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan perolehan 67 medali emas, 61 perak, dan 80 perunggu.

Meskipun demikian, peringkat tiga besar belum sepenuhnya aman ditempati Indonesia, karena dibayangi dengan ketat oleh kontingen tuan rumah Kamboja di peringkat keempat, dengan hanya terpaut selisih dua emas, dengan total 65 emas, 61 perak, dan 103 perunggu.

 

Peringkat pertama dalam klasemen perolehan medali ditempati oleh Vietnam 107 emas, 91 perak, dan 95 perunggu, diikuti Thailand di posisi kedua dengan 91 emas, 67 perak, dan 87 perunggu. Berdasarkan keterangan dari Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim, Indonesia sudah mendulang 69 medali emas.

"Kami bersyukur hari ini Tim Indonesia sudah memenuhi target Presiden Joko Widodo dengan mendulang 69 emas di SEA Games 2023 Kamboja. Alhamdulillah ini sudah melampaui perolehan emas SEA Games 2021 Vietnam ditambah dengan sisa dua hari dan final dari beberapa cabang olahraga," ujar Lexy dalam keterangan yang diterima di Phnom Penh, Minggu. Sebelumnya, kontingen Indonesia, seperti dikatakan oleh Menpora Dito Ariotedjo menargetkan 60 medali emas dan berada di peringkat ketiga pada SEA Games 2023 di Kamboja.

 

Namun dalam acara pelepasan kontingen di Istana Kepresidenan pada 2 Mei lalu, Presiden Joko Widodo menargetkan kontingen Indonesia dapat menyabet lebih dari 69 emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games ke-32 Kamboja agar mendapat pencapaian yang lebih baik dibanding SEA Games ke-31 di Vietnam, Kini Indonesia sudah melampaui 60 emas dan Presiden Jokowi langsung mengapresiasi keberhasilan kontingen Indonesia tersebut. “Saya sangat mengapresiasi perolehan medali, karena sudah mencapai 60 (emas). Targetnya memang dari kemarin itu 60, tapi saya minta di atas 69. Moga-moga terlampaui," kata Jokowi kepada awak media selepas menghadiri acara Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu. SEA Games 2023 masih menyisakan dua hari pertandingan lagi sebelum ditutup resmi pada Rabu (17/5). Masih terbuka bagi kontingen Indonesia untuk menambah perolehan medali emas, sekaligus memperbaiki peringkat mereka.

 

Empat emas gulat

 

Kabar gembira datang dari cabang olahraga gulat Indonesia yang langsung melampaui target medali emas, dengan merebut empat medali emas pada hari pertama pertandingan di Chroy Changvar International Convention and Exhibition Center, Phnom Penh.

Empat wakil yang tampil nomor gulat Yunani-Romawi putra, yakni Suparmanto (turun di kelas 63 kg), M. Aliansyah (67 kg), Andika Sulaeman (77 kg), dan Lulut Gilang Saputra (87kg) berhasil menjadi yang terbaik, mengalahkan lawan di kelas masing-masing. Dengan perolehan empat emas pada hari pertama, gulat sudah melampaui target emas yang dicanangkan, yakni dua keping emas, sisanya tiga perak dan empat perunggu.

Pegulat Indonesia masih akan bertarung pada 10 nomor selanjutnya dari gaya bebas putri dan putra. Sementara itu, cabang olahraga Traditional Boat Race (TBR) menambah satu koleksi medali emas bagi kontingen Indonesia, setelah menjadi yang tercepat dalam Nomor 500 meter 12 crew terbuka. Medali emas tersebut merupakan yang kedua setelah pada hari pertama, tim TBR Indonesia juga meraih medali emas dalam Nomor 250 meter 12 crew putra U24.

Dalam Nomor 500 meter 12 crew terbuka, Indonesia diperkuat Andri Agus Mulyana, Abdur Rahim, Anwar Tarra, Harjuna, Indra Hidayat, Indra tri Setiawan, Joko Andriyanto, Maizir Riyonda, Mugi harjito, Muhamad Yunus Rustandi, Rudiansyah, Sutrisno, Tri Wahyu Buwono, dan Yuda Firmansyah.

 

antara

Read 363 times Last modified on Monday, 15 May 2023 07:33