Tuesday, 06 June 2023 13:48

Penerbangan Dubai-Bali-Dubai meningkatkan target pencapaian kunjungan Wisman ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Pesawat Airbus A380-800 milik maskapai Emirates mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/2023). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konfrensi pers, di Jakarta Senin (5/6) menyatakan, pesawat berbadan lebar ini melayani Dubai-Bali-Dubai  2 kali sehari dan 7 hari dalam seminggu dengan seat capacity 488 pax. Sandiaga Uno menjelaskan penerbangan perdana Dubai-Bali-Dubai ini merupakan bentuk follow up Kerjasama Kemenparekfraf dengan Emirates pada Arabian Travel Mart Mei 2023 dan melalui kerjasama ini 70% target wisatawan mancanegara dapat terealisasi.

“Pada penerbangan perdana dan ini bisa dilihat bahwa lebih dari 70% wisatawan mancanegara terealisasi dan bentuk dari follow up kerjasama kemenparekraf dengan Emirates dan ini kami tandatangani saat Arabian travel Mart di Dubai Mei 2023 lalu. MOU ini adalah bagian dari kita menciptakan sebuah terobosan pencapaian 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara”, ujar Sandiaga

Sandiaga Uno lebih lanjut menjelaskan, nantinya tidak hanya Bali, 5 destinasi super prioritas lainnya akan dikembangkan melalui perjalanan long haul dan High Value  Travelers. Selain itu Sandiaga Uno juga berharap bukan hanya Bandara Bali, beberapa bandara lain seperti Jogja Internasional Airport  dapat  menerima pesawat berbadan lebar dan akan membawa lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Pesawat milik maskapai Emirates ini membawa 482 penumpang pada penerbangan perdananya ke Bali. Pesawat dengan nomor penerbangan EK368 yang berangkat dari Bandara Internasional Dubai pada Kamis 1 Juni 2023 pukul 03.49 waktu setempat tersebut tiba di Bali pada Kamis sore 1 Juni 2023 pukul 16.35 WITA. Dengan mendaratnya pesawat super jumbo jet tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatatkan sejarah sebagai bandara pertama di Indonesia yang melayani pesawat penumpang komersial reguler terbesar di dunia tersebut. Sesaat setelah mendarat, pesawat  dengan badan bertingkat atau double decker dengan nomor registrasi A6-EUR tersebut disambut dengan prosesi water salute dari dua kendaraan PK-PPK Bandara I Gusti Ngurah Rai. Para penumpang yang turun dari pesawat pun turut menerima sambutan meriah berupa kalungan rangkaian bunga dari sejumlah tamu VIP serta tarian sambutan khas Bali.

 

Read 269 times Last modified on Tuesday, 06 June 2023 13:53