Tuesday, 06 June 2023 13:02

KBRI Manfaatkan Kunjungan KRI Bima Suci di Aljazair untuk Promosikan Budaya Nusantara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta : Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyambut baik Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci yang berlabuh di Aljazair sebagai negara yang merupakan sahabat lama Indonesia tersebut, dalam rangaka hubungan bilateral antar kedua negara. Demikian diungkapkan Duta Besar (Dubes) RI untuk Aljazair Chalief Akbar dalam wawancara yang disiarkan RRI Voice of Indonesia, Selasa (06/06/2023).

Dubes Chalief mengatakan, pihaknya memanfaatkan kunjungan 96 personel TNI Angkatan Laut (AL) yang tergabung dalam kru KRI Bima Suci di Aljazair, untuk mempromosikan kebudayaan nusantara selama berlabuh di negara tersebut.

Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas misi pelayaran diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023 bersama KRI Bima Suci mengemban misi yakni memperkenalkan aneka keragaman khasanah budaya Indonesia kepada setiap masyarakat dari negara-negara yang disinggahi.

“Jadi memang kami menyimpulkan bahwa KRI Bima Suci ini dirancang seperti perahu phinisi, atau kalau dulu KRI Dewa Ruci, dan krunya juga memang memiliki kemampuan untuk menampilkan kesenian dan sajian lagu-lagu Indonesia. Dan itulah yang kami manfaatkan selama kunjungan empat hari di Aljazair, melaui KRI Bima Suci ini untuk mengenalkan Indonesia di wilayah kerja kami, KBRI Aljazair,” ungkapnya.

Dubes Chalief menambahkan, pihak KBRI juga memfasilitasi kru KRI Bima Suci untuk melakukan city tour di ibukota negara Aljazair yakni kota Aljir melalui rangkaian kegiatan diantaranya pertandingan persahabatan olah raga, cocktail party di atas KRI Bima Sakti yang dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat dan pejabat lokal. Selain itu kru juga difasilitasi untuk pertemuan dengan warga negara Indonesia (WNI) dan Angkatan Laut Aljazair.

“Ini adalah kesempatan yang sangat langka yang kami persiapkan selama ini, kemudian diakhir kunjungan ada undangan jamuan makan malam dari pihak Angkatan Laut Aljazair yang ditujukan untuk komandan dan seluruh kru dari KRI Bima Suci, termasuk kami sendiri hadir di dalam resepsi jamuan makan malam, ya katakanlah perpisahan,” jelasnya.

Dubes Chalief lebih lanjut mengungkapkan sambutan hangat dari pihak Aljazair terhadap kehadiran KRI Bima Suci, yang mana pemerintah dan masyarakat di negara tersebut mengaku kagum dengan Angkatan Laut Indonesia yang memiliki kecakapan dalam mengarungi lautan dan singgah di berbagai negara.

“Masyarakat Aljazair sangat kagum dengan keberanian dan ketangguhan Angkatan Laut Indonesia yang melakukan pelayaran yang tidak mudah dan jauh untuk sampai ke Aljazair, mereka kan berangkat tanggal 2 April, kemudian sampai di Aljazair 31 Mei, lebih kurang selama dua bulan,” lanjutnya.

Menurut dia, pihak Angkatan Laut Aljazair sangat tertarik untuk menjalin kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan dengan Angkatan Laut Indonesia. Untuk itu KBRI Aljazair kedepan menyatakan kesiapannya untuk menjembatani terwujudnya kerjasama kedua negara, mengingat selama ini belum ada kemitraan dibidang pertahanan dan keamanan dengan Aljazair, selain ekonomi dan perdagangan.

Pemerintah Aljazair, lanjut Chalief, juga memasukan nama Indonesia dalam buku pelajaran di sekolah-sekolah yang menuangkan Indonesia sebagai negara yang memiliki andil besar dalam membantu kemerdekaan negara tersebut, sehingga sejak lama masyarakat di negara tersebut tidak asing dengan nama Indonesia.

“KRI Bima Suci telah bertolak dari pelabuhan Port of Algeirs pada Sabtu (03/06/2023) pukul 10:00 pagi waktu setempat, untuk menuju titik persinggahan selanjutnya di Perancis,” pungkasnya.(gus)

Read 218 times Last modified on Tuesday, 06 June 2023 18:13