Thursday, 08 February 2024 19:59

Kedubes Iran Tampilkan Kesenian Tradisional Daff dan Tanbur di Auditorium RRI

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta : Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta menampilkan kesenian daff dan tanbur di auditorium Jusuf Ronodipuro, gedung RRI Jakarta, Kamis (08/02/2024). Pertunjukan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan 45 tahun kemenangan revolusi Islam Iran. Seniman kenamaan Iran Asieh Ahmadi tampil begantian dengan seniman Madihin Indonesia Anang Syahrani yang tampil melalui zoom meeting dari studio RRI Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

Konselor Kebudayaan Iran Dr. Ebrahimi kepada RRI Voice of Indonesia, di sela kegiatan mengatakan pihaknya telah menggandeng sejumlah lembaga kebudayaan Iran dan Indonesia untuk menggelar kegiatan bersama dengan menampilkan seniman-seniman dari kedua negara. Menurut Ebrahimi, Iran dan Indonesia memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki kekayaan budaya.

 

“Dua negara ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya yang perlu ditampilkan. Indonesia perlu diperkenalkan ke Iran, Iran perlu diperkenalkan ke Indonesia. Artinya dengan berangkat dari kebudayaan-kebudayaan meskipun masih harus dijaga, kebudayaan-kebudayaan tradisional ini bisa menambah keeratan kedua negara dalam memahami kebudayaan masing-masing,” tutur Ebrahimi.

 

Menurut Ebrahimi, kedua negara juga bisa melakukan pertukaran kebudayaan. Ia mencontohkan seperti kegiatan yang menampilkan produk budaya dalam sebuah pertunjukan yang digelar di auditorium RRI, di Jakarta. Hal serupa, lanjut Ebrahimi, juga dapat dilakukan kedepan dengan menampilkan seni budaya Indonesia di Iran.

 

Direktur Utama LPP RRI yang diwakili Kepala Stasiun Siaran Luar Negeri Soleman Yusuf menyambut baik kegiatan yang menampilkan kesenian negara sahabat, dalam hal ini kesenian tradisional Iran di Auditorium RRI. Sebagai Lembaga Penyiaran Publik, RRI sudah kerap mengundang kedutaan besar negara-negara sahabat untuk tampil di studio siaran luar negeri atau Voice of Indonesia.

 

“Kami keluarga besar RRI sangat menyambut baik. Dan pastinya pendengar kami di Indonesia dan seluruh dunia juga demikian. Terima kasih Kedutaan Besar Iran sudah berkenan menampilkan kesenian tradisional Iran di RRI. Semoga nanti kesenian Indonesia juga bisa kami bawa dan tampil di Iran,” ucap Soleman Yusuf.

 

Soleman berharap, selain terus mengembangkan kerjasama yang berkaitan dengan kebudayaan, kedepan Kedutaan Besar Iran dapat memfasilitasi kegiatan penyiaran bersama dengan RRI.

 

Selain dihadiri Konselor Kebudayaan Iran Dr. Ebrahimi, sejumlah jajaran dan staf Kedubes Iran di Jakarta serta ekspatriat Iran yang bermukim di Indonesia hadir menyaksikan pagelaran kolaborasi kesenian Indonesia dan Iran ini.

 

Read 173 times Last modified on Friday, 09 February 2024 07:12