Thursday, 16 November 2023 14:19

Jelajahi Malaysia Melalui TOMER 2023

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Voice of Indonesia ikut berpartisipasi dalam Tourism Malaysia Media Explore Race -TOMER 2023. TOMER 2023 diselenggarakan kedua kalinya oleh Tourism Malaysia bekerja sama dengan Perbadanan Putrajaya dan Pariwisata Selangor. Kegiatan ini diikuti oleh 80 praktisi media, termasuk 18 peserta internasional dari Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Brunei. TOMER 2023 diselenggarakan pada 8 hingga 10 November 2023, dan dibuka oleh Direktur Jenderal Pariwisata Malaysia, Dato' Dr Ammar Abd. Ghapar, di Putrajaya International Convention Center.

Pada kegiatan tahun ini, para media dan influencer menjalani tantangan membuat foto dan video reels di Instagram sembari menjelajahi Putrajaya dan daerah pesisir Selangor. Para peserta terbagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang dan mengendarai mobil yang disponsori Perodua. Para peserta yang terdiri dari 25 tim berfoto dan membuat vidio sembari menjalankan tantangan berupa games dan quis di tempat wisata yang terbagi dalam berbagai check point. Delapan pos check point di sepanjang rute Putrajaya adalah Dataran Putra, Astaka Maroko, Wetland Studio, Kompleks Nasyrul Quran, Anjung Floria, Equestrian Park, dan Putra Secret Garden. Para peserta TOMER 2023 terpesona dengan Masjid Putra yang terinspirasi dari masjid Sheikh Omar di Baghdad, masjid berwarna merah jambu yang berdiri megah di Bandar Raya Putrajaya. Tak hanya cantik bergemerlap ketika terkena sinar matahari, keindahan masjid ini juga melambangkan Malaysia negara islam yang damai.

Berkunjung ke nasyrul Qur’an pusat percetakan al-Quran yang kedua terbesar di dunia setelah Kota Madinah, Arab Saudi, menjadi pengalaman menarik bagi peserta media dan influencer dari negara-negara ASEAN yang mayoritas beragama muslim. Tak hanya menjadi pusat percetakan, tetapi juga menjadi sebagai pusat pengkajian, pentafsiran dan penterjemahan dalam pelbagai bahasa.

Pada hari kedua, peserta menjelajahi Selangor dan melalui enam Check point, mulai dari Homestay Banghuris, Pantai Bagan Lalang, Pantai Morib, Pantai Kelanang, Istana Bandar Jugra, dan Desa Budaya Mah Meri di Pulau Carey. Datang ke Kampungstay Banghuris dan rasakan pengalaman unik menginap di rumah tradisional Melayu. Disana, peserta TOMER 2023 merasakan memancing ikan sepat dengan pancingan tradisional dan bermain bowling dengan bola dari kelapa sembari mencicipi kelezatan nasi ambeng. Para peserta juga menelusuri sejarah di Bandar Castle Jugra yang dibangun di tahun 1900an. Dikenal juga dengan sebutan Alaeddin Palace, bangunan megah ini terinspirasi dari arsitektur Islam, India dan timur tengah dan cina. Berbagai perpaduan budaya dalam satu bangunan yang melambangkan Malaysia yang multikultur! Misi petualangan diakhiri di Shah Alam dengan upacara penyerahan penghargaan di Mardhiyyah Hotel & Suites.

Pada closing ceremony, Dato' Dr Ammar mengatakan Tujuan utama penyelenggaraan TOMER 2023 adalah untuk memperkuat kolaborasi dengan media arus utama dan baru sambil memberikan publisitas yang luas dan cakupan untuk produk pariwisata terbaru di dan sekitar Putrajaya dan Selangor, meliputi wisata alam dan pesisir, warisan, seni dan budaya. "Melalui penyelenggaraan TOMER 2023, publisitas untuk produk pariwisata dapat ditingkatkan, selain memperkuat kemitraan publik-swasta untuk menjadikan Malaysia sebagai lebih disukai tujuan wisata di wilayah ini,".

Pada Kegiatan ini, tim Indonesia berhasil meraih juara ke-3. Voice of Indonesia bersama dengan travel vlogger @deckytri_id dan edukreator @inimasbi berhasil mengalahkan tim-tim media dan influencer internacional dan local pada TOMER 2023. Melalui kegiatan TOMER 2023, tidak hanya menunjukan Malaysia, dengan kekayaan budaya, keindahan alam, dan keanekaragaman kuliner, telah menjadi tujuan pariwisata yang menarik, tetapi juga meningkatkan people to people contact antara media dan influencer negara-negara ASEAN.(sekar)

Read 216 times