Thursday, 25 January 2018 14:16

Tour De Indonesia Dengan Klasifikasi Tertinggi Kembali Digelar Setelah 7 Tahun

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Tour de Indonesia adalah salah satu tour balap sepeda paling bergengsi di Indonesia sejak 2004 hingga 2011. Setelah terjadi kekosongan selama 7 tahun, maka di tahun 2018 ini diselenggarakan kembali tour de Indonesiadengan kategori tertinggi. Pada konferensi pers Rabu sore (24/1) di Yogyakarta, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan sport sepeda Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan, tour ini berbeda dengan tour-tour sebelumnya, karena pertama kalinya Indonesia memiliki 2.1 (two point one) race yaitu mempunyai lomba dengan klasifikasi tertinggi.

“ Tour ini menjadi berbeda karena pertama kali Indonesia memiliki 2.1 race, jadi ini adalah tour dengan klasifikasi tertinggi yang kita miliki di Indonesia. Dan ini pertama kali juga tour balap sepeda yang disiarkan secara live di streaming dimulai dari start hingga finish, bahkan kegiatan ini akan disiarkan oleh media asing yang cukup dikenal yaitu Eurosport”.

Tour yang berlangsung 25-28 Januari semula mengambil lokasi start di Candi Borobudur, Yogyakarta,namun terjadi pergeseran start yang dimulaidari Candi Prambanan, Yogjakarta karena alasan teknis.Adanya pemindahan lokasi start juga berpengaruh pada jarak perlombaan tersebut. Etape pertama dari Candi Prambanan berakhir di Ngawi, Jawa Timur dengan jarak tempuh 124,7 kilometer.Etape kedua, pebalap akan memulai balapan dari Madiun dan mengakhiri di Mojokerto dengan jarak tempuh 117,7 kilometer. Setelah finis, semua pebalap akan melanjutkan perjalanan ke Probolinggo yang menjadi lokasi start etape tiga menuju Banyuwangi dengan jarak tempuh 200 kilometer.Untuk etape terakhir, semua pebalap akan menyeberang ke Pulau Bali. Start dimulai dari Gilimanuk dan akan finis di Denpasar, Bali dengan jarak tempuh 170,9 kilometer. Peserta yang sudah  terdaftar di Tour de Indonesia 2018 adalah 22 negara yang tergabung dalam 15 kontinental tim, termasuk 5 tim nasional dari Indonesia, Malaysia, Eritria, dan Mongolia.voinews. yb

Read 1082 times Last modified on Thursday, 25 January 2018 14:33