Thursday, 25 January 2018 10:51

Indonesia-Sri Lanka Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Presiden RI Joko Widodo bertemu Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengawali rangkaian kunjungannya ke lima Negara di Asia Selatan. Dalam pertemuan di Kolombo, Rabu (24/1) waktu setempat tersebut, kedua kepala Negara memfokuskan perbincangan terkait upaya penguatan kerja sama ekonomi kedua Negara khususnya di bidang perdagangan. Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Rabu menyatakan, kedua kepala Negara membahas pentingnya membentuk perjanjian perdagangan bebas. Selain itu, kedua kepala Negara juga sepakat untuk membentuk kelompok kerja yang nantinya akan mengawasi pelaksanaan kerja sama perdagangan Indonesia dan Sri Lanka, terutama di bidang kerja sama perdagangan dan investasi.  

 

" Kunjungan Presiden Republik Indonesia kali ini fokus kerja samanya adalah kerja sama di bidang ekonomi, khususnya di bidang perdagangan. Kedua belah pihak tadi, kedua Presiden membahas mengenai pentingnya bagi Indonesia dan Sri Lanka untuk mulai membahas Free Trade Agreement antara Indonesia dengan Sri Lanka. Kedua Presiden juga sepakat akan membentuk Kelompok Kerja untuk perdagangan dan investasi. Yang akan mensupervisi pelaksanaan kerja sama perdagangan dan investasi, dan sekaligus menyelesaikan jika terdapat masalah yang terkait dengan perdagangan dan investasi. "

  

Lebih lanjut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, dalam pertemuan kedua kepala Negara, Presiden Joko Widodo menyampaikan usulan terkait pengembangan kerja sama bidang perkereta-apian. Presiden Joko Widodo berharap akan ada tindak lanjut dari pertemuan pihak PT Industri Kereta Api Indonesia dengan pihak Sri Lanka terkait ekspor gerbong dari Indonesia ke Sri Lanka. (Ndy)

Read 1109 times Last modified on Thursday, 25 January 2018 12:39