Friday, 19 October 2018 00:00

Daerah Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pelangi Nada kali ini saya putarkan lagu berjudul “Olle Ollang”, dinyanyikan oleh Adrian Pawitra. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang terkenal di Madura, Jawa Timur dan bercerita tentang kerinduan sepasang kekasih yang berpisah jauh.Tiap bait memiliki satu cerita. inilah Lagu “Olle Ollang”.

Anda baru saja mendengarkan lagu “Olle Olang yang dinyanyikan oleh Adrian Pawitra. Lagu ini terdiri dari 4 bait pantun. Tiap bait terdiri dari empat baris. Baris pertama dan kedua berupa sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi. Bait pertama bercerita tentang perahu yang akan berlayar pulang ke Pulau Madura. Bait ini juga menggambarkan betapa senang hati sang pria yang akan berjumpa dengan kekasihnya. Bait kedua bercerita tentang perahu yang sudah tiba ditujuan. Bait ketiga bercerita tentang kerinduan sang wanita pujaan hati dan bait terakhir bercerita tentang bagaimana sang pria juga punya kerinduan yang sama. Selama berlayar, hanya bayangan sang kekasihlah yang ada di pikirannya..

lagu dari provinsi Jawa Timur lainnya segera hadir ke ruang dengar anda, yakni berjudul “Pajjer Legguh’. Lagu  yang dinyanyikan oleh Dewi Kumalasari ini mengisahkan kehidupan petani Madura. Pendengar kita nikmati Pajjer Legguh”.

Anda baru saja mendengarkan  Lagu “Pajjer Legguh’. Lagu ini merupakan lagu asli daerah Sumenep, Jawa Timur. Dengan tempo cepat, lirik lagunya, menceritakan ketika fajar mulai merekah, sang petani akan memulai kembali kisah hidupnya dengan lahan-lahan sawah yang hijau. Dia menyadari, apa yang dia lakukan merupakan kewajibannya. Dengan bercocok tanam yang hanya berbekal pengalaman dari moyangnya, dia berharap dapat menjadi manusia yang berguna bagi negara dan bangsanya. Mengakhiri Pelangi Nada daerah kali ini, lagu berjudul  “Kacong Tor Jebbing”, hadir ke ruang dengar anda. Diciptakan oleh Adrian Pawitra, seniman sekaligus penyusun Kamus Bahasa Madura – Indonesia, Lagu ini menceritakan tentang para Putra dan Putri Madura yang mengenakan baju adat madura serta kesopanan tingkah laku sehingga menampakkan karakter yang membanggakan. Lagu ini sendiri bertempo lambat. Kacong Tor Jebbing sering diperdengarkan saat acara pemilihan Duta Wisata di 4 kabupaten di pulau Madura.

Read 989 times
More in this category: « IIS SUGIARTI 5 ROMEO »