Monday, 29 October 2018 00:00

Kampung Wisata Ciangsana, Jawa Barat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

jumpa lagi dalam Pesona Indonesia Seperti biasa Anda dapat mendengarkan program kami via streaming di voi.co.id, gelombang pendek 3252 KHz dan aplikasi RRI Play di ponsel cerdas Anda. Hari ini kami akan memperkenalkan Kampung Wisata Ciangsana di Jawa Barat.

tidak banyak tempat liburan berupa wisata alam yang tersedia di kota besar. Karena tempat berliburnya tidak jauh dari taman bermain buatan, pusat perbelanjaan, taman buatan, dan lain sebagainya. Maka dari itu banyak masyarakat perkotaan pergi keluar kota untuk berlibur. Sebagai salah satu contohnya adalah daerah Jawa Barat.Ada banyak sekali tempat wisata yang bertema alam di Provinsi ini. Banyak masyarakat dari kota besar seperti Jakarta yang menjadikan Jawa Barat beserta kota-kota di dalamnya sebagai salah satu tempat tujuan untuk liburan. Salah satu objek wisata tersebut adalah Kampung Wisata Ciangsana.

Kampung Wisata Ciangsana terletak di provinsi Jawa Barat, Kota Bogor, Kabupaten Gunung Putri, Kecamatan Ciangsana. Kampung wisata ini menawarkan suasana desa yang teduh, asri, dan berbeda dari wilayah perkotaan. Tempat wisata ini adalah satu dari beberapa desa yang sering digunakan untuk berlibur di Jawa Barat, karena lokasinya yang sangat dekat dari kota Jakarta. Kampung wisata ini menawarkan pedesaan bernuansa luar negeri, lebih tepatnya Tiongkok dan Jepang.

Kampung Wisata Ciangsana dahulunya bernama Kampung Cina dan Kampung Jepang, tetapi kedua objek menarik ini sudah dijadikan satu dengan nama Kampung wisata Ciangsana. Tidak hanya bernuansa pedesaan Tiongkok dan Jepang, desa ini juga memiliki tempat bernuansa Jawa Barat yang khas, yaitu Telaga Arwana dan Kampung Cibubur.Telaga Arwana memiliki fasilitas berupa taman bermain sekaligus sarana edukasi terutama untuk anak-anak. Karena terdapat kegiatan menarik seperti menanam tanaman dan padi, membajak sawah, wahana outbound, kolam renang, tempat pemancingan, hingga wahana khusus anak-anak.Sedangkan Kampung Cibubur menawarkan nuansa pedesaan khas lokal Indonesia. Di dalam Kampung Cibubur ini, terbagi menjadi beberapa kampung seperti kampung tradisional, kampung main, kampung keluarga, kampung Indonesia, dan lain sebagainya.

kampung wisata ini letaknya tidak terlalu jauh dari gerbang Ciangsana yang merupakan perbatasan yang menghubungkan wilayah Cikeas, Gunung Putri dengan Jatiasih, Bekasi. Untuk pergi ke tempat wisata ini, dari Jakarta pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, ambil arah ke dalam tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Cibubur. Sedangkan bagi wisatawan yang berencana menggunakan transportasi umum, dapat pergi melalui Terminal Kampung Rambutan dengan bus TransJakarta dan dilanjutkan dengan menaiki angkot biru bernomor 121 atau 121A, keduanya menuju wilayah Cileungsi dan Ciangsana.Kampung wisata memang identik dengan sebuah pemukiman masyarakat di mana nuansa budaya dan tradisinya sangat kental. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya masuk.

Read 1435 times