Sunday, 28 October 2018 00:00

AIR TERJUN KEDUNG PEDUT, KULON PROGO, JOGJAKARTA

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan mengajak anda berwisata ke Kulon Progo provinsi Jogyakarta,untuk menikmati keindahan air terjun Kedung Pedut. Wisata Air terjun Kedut merupakan salah satu wisata yang ada di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Keunikan air terjun ini adalah mempunyai dua warna, yaitu warna putih jernih dan hijau tosca yang membuat air terjun ini sangat cantik dan menawarkan keindahan yang sangat mempesona.Air terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut berasal dari bahasa Jawa. Curug berarti air terjun, kedung berarti kubangan atau kolam dan pedut berarti kabut. Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata air terjun yang terkenal karena keindahan warna airnya. Warna air yang sangat cantik terdiri dari dua komponen warna yaitu putih jernih dan hijau. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau tosca terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar sinar matahari.

pemandangan yang sangat asri di kawasan wisata ini juga menarik perhatian banyak wisatawan dalam dan luar negeri untuk mengunjunginya. Di samping kedung ini juga terdapat beberapa tempat istirahat yang terbuat dari bambu untuk para wisatawan. Wisata air terjun ini mempunyai satu air terjun dengan beberapa grojogan air kecil di bawahnya.   Karena dibawah air terjun ada kolam yang lumayan lebar, maka di kolam mini anda bisa bermain air dan berenang

Rute untuk menuju air terjun Kedung Pedut ini tidak terlalu sulit. Apabila anda berangkat dari Yogyakarta, dan sudah memasuki wilayah Girimulyo kawasan Kiskendo , anda tinggal ambil arah kiri. Dari tempat parkir kendaraan, anda masih perlu berjalan lagi kira-kira 10 menit atau sekitar 200 meter untuk sampai di wisata Jatimulyo . Jalan menuju air terjun Kedung Pedut tidak membingungkan karena hanya ada satu jalur saja . Selain itu pengelola wisata juga sudah memasang petunjuk arah di setiap jalan.

untuk masuk ke kawasan wisata air terjun Kedung Pedut ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, karena karcis masuk untuk satu orang hanya tigaribu rupiah, uang parkir motor duaribu Rupiah dan uang parkir Mobil Limaribu Rupiah, cukup terjangkau bukan?

                      

Read 1102 times