Friday, 02 February 2018 08:25

Korea Selatan - Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Bidang Alat Utama Sistim Persenjataan Alutsista.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel) Song Young-moo. Dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (31/1/2018) siang, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Usai pertemuan, kepada wartawan menteri Ryamizard mengatakan ada sejumlah isu yang dibahas Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.  Menurutnya tujuan utama kunjungan menteri pertahanan Korea Selatan adalah peningkatan kerja sama dalam bidang apapun termasuk dengan Kementerian Pertahanan dalam bidang alutsista (alat utama sistem persenjataan). Kerja sama di bidang yang lain adalah intelejen karena musuh sekarang adalah teroris.

Soal Korea Utara, Menteri Pertahanan mengakui tidak ada pembicaraan tentang hal itu meski Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Song Young Moo menyampaikan, kedua negara sepakat meningkatkan kemitraan kedua negara dari strategic partnership menjadi special strategic partnership atau kemitraan khusus. Song juga menyampaikan keinginannya untuk bertukar informasi terkait perkembangan kerja sama kedua negara yang telah dibangun selama ini. Berdasarkan kesepakatan tersebut pihaknya akan melakukan kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang termasuk pertahanan, diplomasi, dan juga industri pertahanan. Song Young Moo mengatakan, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Korea Selatan.

Dengan melihat arah kebijakan Indonesia yang sama dengan Korea Selatan, Pemerintah Negeri Ginseng itu melihat Indonesia memiliki potensi untuk memproduksi sendiri industri pertahanannya, khususnya dalam memproduksi kapal selam.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Sedangkan Delegasi Republik Korea Selatan terdiri dari Menhan Song Young Moo didampingi oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyong, dan Kepala Staf Menteri Brigadir Jenderal Jeong Hae II. 

Read 983 times Last modified on Friday, 02 February 2018 12:53