Friday, 02 February 2018 13:35

Hari Ini Dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

2 Februari 1943, Pasukan Angkatan Darat ke-6 Jerman Menyerah Di Stalingrad.

Selama Perang Dunia II, Jerman menyerbu sebagian besar wilayah Eropa dengan menggunakan taktik baru yang disebut perang kilat. Taktik perang kilat  mencakup pengerahan pesawat terbang, tank, dan artileri. Pasukan-pasukan ini akan menerobos pertahanan musuh menyusuri front yang sempit. Dengan menggunakan taktik perang kilat , Jerman menaklukkan Polandia, Denmark, Norwegia,Belgia,Belanda,Luksemburg,Perancis, Yugoslavia dan Yunani.

Pasukan Jerman menyerang Uni Soviet pada bulan Juni 1941, menusuk hingga 600 mil lebih ke arah pintu masuk kota Moskwa. Serangan kedua Jerman pada tahun 1942 mengantarkan serdadu Jerman ke tepi Sungai Volga dan kota Stalingrad. Akan tetapi Uni Soviet, bersama Inggris Raya dan Amerika Serikat, yang menyatakan perang terhadap Jerman pada bulan Desember 1941.  

Angkatan Darat Soviet melancarkan serangan balasan terhadap pasukan Jerman yang digelar di Stalingrad pada pertengahan bulan November 1942 Mereka mengepung seluruh pasukan Angkatan Darat Jerman, yang berkekuatan sekitar 250.000 serdadu Setelah bertempur sengit selama berbulan-bulan dan menderita banyak korban, pasukan Jerman yang masih selamat hanya tersisa sekitar 91.000 serdadu, pada tanggal 2 Februari 1943 menyerah Pasukan Soviet memaksa Jerman mundur ke tepi Sungai Dnieper pada tahun 1943

 2 Februari 1950 - Universitas Indonesia secara resmi memulai kegiatannya.

Setelah kemerdekaan Indonesia dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia -BPTRI didirikan di Jakarta BPTRI memiliki tiga fakultas, yaitu Kedokteran dan Farmasi, Sastra, dan Hukum Ketika tentara kolonial Belanda kembali menguasai Jakarta pada akhir tahun 1945, BPTRI dipindahkan ke Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang Pada tanggal 21 Juni 1946 Netherlands-Indies Civil Administration –NICA atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda mendirikan sebuah Nood Universiteit atau Universitas Sementara di Jakarta Pada tanggal 21 Maret 1947, nama Nood Universiteit diganti menjadi Universiteit van Indonesie Setelah Jakarta berhasil diambil alih kembali, pemerintah mengembalikan BPTRI ke Jakarta dan menggabungkannya dengan Universiteit van Indonesie, dan memberinya nama baru Universiteit Indonesia Universiteit Indonesiasecara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan rektor pertamanya, Ir. R.M. Pandji Soerachman Kemudian tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia Pada tahun 1955, Undang-Undang Nommor 10 tentang pengubahan kata universiteit, disyahkan, dan sejak itu, nama Universiteit Indonesia secara resmi diubah menjadi Universitas Indonesia

2 Februari  Hari Lahan Basah Sedunia

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya.Tanggal ini memperingati hari ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah, yang disebut Konvensi Ramsar, pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar, kota yang terletak di pantai Laut Kaspia di Iran.Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pertama kali pada tahun 1997.Setiap tahun, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan kelompok masyarakat pada seluruh lapisan komunitas mengambil peran dalam aksi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum.Sejak tahun 1997 hingga 2007, konvensi telah melaporkan bahwa 95 negara telah melakukan aktivitas perayaan Hari Lahan Basah Sedunia dalam berbagai bentuk, dari seminar dan kuliah singkat, lintas alam, kontes seni anak-anak, balap sampan, hingga aksi bersih (clean-up day) yang dilakukan komunitas masyarakat.

 

Read 1347 times Last modified on Friday, 02 February 2018 13:56