Saturday, 16 February 2019 12:52

Keluarga Korban Peringati Tragedi Perang Dunia II di Muntok

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Arsip Foto - Wisatawan mengunjungi objek wisata sejarah benteng Anoi Itam di Sabang, Aceh, Jumat (21/12). Benteng Anoi Itam merupakan salah satu benteng yang digunakan tentara Jepang untuk menyimpan peluru dan senjata ketika perang dunia II dan menjadi tempat untuk bertahan dari musuh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA) Arsip Foto - Wisatawan mengunjungi objek wisata sejarah benteng Anoi Itam di Sabang, Aceh, Jumat (21/12). Benteng Anoi Itam merupakan salah satu benteng yang digunakan tentara Jepang untuk menyimpan peluru dan senjata ketika perang dunia II dan menjadi tempat untuk bertahan dari musuh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

 

Sebanyak 16 orang anggota keluarga dan keturunan para korban Perang Dunia Kedua berasal dari Australia, Selandia Baru, dan Belanda memperingati peristiwa tersebut di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Muntok, satu kota kecil di ujung barat Pulau Bangka, menyimpan jejak tragedi Perang Dunia II karena pada waktu itu Muntok difungsikan oleh pasukan Jepang 1942 hingga 1945, sebagai pangkalan pasukan bersenjata. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Suwito, di Muntok, Jumat.

Selain menggelar upacara penghormatan kepada para korban Perang Dunia II yang meninggal dunia di Muntok, mereka juga akan mengunjungi beberapa lokasi bersejarah yang berhubungan dengan tragedi kemanusiaan itu. Sejumlah lokasi di Muntok yang dituju, antara lain bekas kamp tahanan perempuan di Kampung Menjelang, Kantor Kesyahbandaran yang menjadi tempat pendaratan para korban pengeboman kapal di Selat Bangka, Pantai Radji, dan rumah tahanan Muntok. Suwito menambahkan rombongan yang akan berada di Muntok hingga Minggu (17/2) juga akan melakukan kunjungan ke museum dan sejumlah sekolah di Muntok. Antara

Read 506 times Last modified on Monday, 18 February 2019 10:30