Tuesday, 06 February 2018 15:17

Hari Ini dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Inilah acara Hari Ini dalam sejarah. Kami awali dengan peristiwa tanggal 6 Februari 1904 Jepang memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, berbagai negara Barat bersaingan memperebutkan pengaruh, perdagangan dan wilayah di Asia Timur sementara Jepang berjuang untuk menjadi sebuah negara modern yang besar. Lokasi Jepang mendorongnya untuk memusatkan perhatian pada Dinasti Choson Korea dan Dinasti Qing di Tiongkok utara, sehingga membuat negara itu bersaingan dengan tetangganya, Rusia. Upaya Jepang untuk menduduki Korea menyebabkan pecahnya Perang Tiongkok-Jepang. Dalam perang ini Tiongkok kalah. Sementara itu, pasukan-pasukan Rusia menduduki sebagian besar wilayah Manchuria. Melihat Rusia sebagai saingan, Jepang menawarkan pengakuannya pada kekuasaan Rusia di Manchuria. Sebaliknya Rusia harus mengakui kekuasaan Jepang di Korea. Rusia menolak tawaran itu. Jepang mengirimkan sebuah ultimatum pada 31 Desember 1903, memutuskan hubungan diplomatik pada 6 Februari 1904, dan mulai menyerang dua hari kemudian. Kedua pihak mengeluarkan pernyataan perang pada 10 Februari 1904.

 

Beralih ke peristiwa tanggal 6 Februari Traktat Angkatan Laut Washington (juga dikenal dengan istilah Traktat Lima Negara) ditanda tangani.

Traktat Angkatan Laut Washington adalah sebuah perjanjian yang ditandatangani oleh negara-negara besar pemenang Perang Dunia I. Perjanjian ini berupaya mencegah perlombaan senjata dengan membatasi pembangunan angkatan laut. Traktat ini dinegosiasikan selama Konferensi Angkatan Laut Washington yang diadakan di kota Washington, D.C. dari November 1921 hingga Februari 1922 dan ditandatangani oleh pemerintah Britania Raya, Amerika Serikat, Jepang, Perancis dan Italia. Traktat ini membatasi pembangunan kapal tempur, kapal jelajah tempur dan kapal induk. Jenis kapal lain yang tidak dibatasi adalah kapal penjajah, kapal perusak dan kapal selam, tetapi berat dibatasi hingga maksimal 10.000 ton.

Traktat ini disepakati pada 6 Februari 1922. Perjanjian ini diratifikasi di Washington pada 17 Agustus 1923 dan terdaftar dalam League of Nations Treaty Series pada 16 April 1924.

Namun, pada pertengahan tahun 1930an, Jepang dan Italia menyatakan tidak lagi terikat oleh perjanjian-perjanjian ini, sehingga negara-negara lain yang sebelumnya menjadi penandatangan perjanjian ini juga tidak lagi melakukan pembatasan.

 

Kami akhiri dengan tanggal 6 Februari 1952 Elizabeth dua menjadi Ratu.

Elizabeth adalah anak pertama dari Raja George ke 6. Pada tanggal 6 Februari 1952, Raja George ke 6 meninggal dunia dan saat itu pula Elizabeth dua langsung diproklamasikan sebagai Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran atau Commonwealth Realms, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. Kini Ratu Elizabeth II menjabat sebagai ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat (dikenal sebagai Alam Persemakmuran) dan teritori beserta dependensinya, serta ketua dari 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran. Ratu Elizabeth juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

 

Read 1511 times Last modified on Tuesday, 06 February 2018 21:12