Monday, 06 May 2019 04:35

Menteri Agama RI Umumkan Awal Puasa Ramadhan 1440 Hijriah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin pada Jumpa Pers Sidang Isbat 1 Ramadhan 1440 Hijriah di Kemenag, Minggu, 5 Mei 2019 Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin pada Jumpa Pers Sidang Isbat 1 Ramadhan 1440 Hijriah di Kemenag, Minggu, 5 Mei 2019 Daniel - Biro Humas dan Informasi Kemenag RI
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin menyatakan, awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei. Menurut Lukman Hakim, 1 Ramadhan diputuskan setelah mengetahui posisi hilal atau bulan sabit pertama, dan mendengar kesaksian sejumlah petugas yang diturunkan Kementerian Agama di sejumlah titik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri dalam konferensi pers di kantor Kementerian Agama, di Jakarta, setelah sidang itsbat untuk menentukan awal Ramadhan, Minggu (05/05) sore. Ia menambahkan, untuk tahun ini, Pemerintah menurunkan sejumlah petugas yang ditempatkan tidak kurang dari 102 titik di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setidaknya ada 9 petugas yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah bahwa mereka melihat Hilal.
"Oleh karenanya, dengan dua hal tadi, posisi Hilal dan lalu kemudian mendengar kesaksian sejumlah petugas kita, maka lalu kemudian seluruh peserta sidang itsbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa  1 Ramadhan tahun 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin, tanggal 6 Mei 2019," kata Lukman Hakim Saifudin kepada media. 
Menteri Lukman Hakim Saifudin berharap, dengan hasil sidang itsbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat mengawali puasa di bulan Ramadhan secara bersama-sama. Ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam untuk menatap masa depan bangsa secara bersama-sama. Sidang itsbat dihadiri antara lain oleh perwakilan berbagai organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika serta perwakilan negara-negara sahabat. (VOI/AHM)
Read 1105 times Last modified on Monday, 06 May 2019 04:46