Thursday, 09 May 2019 00:00

Kuliner Parende

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Kuliner Parende Lifestyle - SINDOnews

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari di Sulawesi Tenggara, karena sebagian wilayahnya merupakan taman laut nasional dengan kekayaan dan keindahan bawah laut yang memukau. Selain berwisata bahari, wisata kuliner merupakan kegiatan yang wajib dilakukan ketika berkunjung kesini. Ada beragam kuliner lezat, khususnya kuliner laut yang bisa anda coba. Salah satunya kuliner Parende.

Daging kakap segar ditemani kuah kekuningan berbumbu rempah. Rasanya asam pedas. Itulah kuliner Parende, kuliner khas kota Wangi-Wangi, kabupaten Wakatobi. Selain ikan kakap merah, ikan kerapu juga sering digunakan sebagai bahan utama kuliner ini. Dipilihnya ikan kakap merah atau kerapu, karena ikan tersebut punya tekstur dagingnya yang lembut, juga rasa dagingnya yang sangat enak. Selain ikan laut, Bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat parende adalah tomat, belimbing wuluh, daun kemangi, asam jawa atau jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan daun serai.

ikan parende biasanya disuguhkan saat masih hangat. Kerika disajikan, aroma khas langsung tercium. Selain asam dan pedas, rasanya dominan gurih. Tekstur daging ikannya sangat lembut. Parende biasanya disajikan dengan tambahan nasi. Konon, menurut warga setempat, sajian ini cocok bagi mereka yang sedang flu dan kehilangan selera makan. Rempah-rempah pada sajiannya ampuh mengusir flu. Di Wakatobi, anda bisa menjumpai banyak rumah makan yang menjual ikan Parende. Harganya Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 per porsi.

Read 987 times Last modified on Thursday, 09 May 2019 15:35