Monday, 01 July 2019 00:00

Perpanjang Usia Buah Pisang Pasca Panen, Dosen ITB Buat “Fruits Storage Chamber”

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Dr. Fenny Martha Dwivanny beserta hasil risetnya mengenai Fruits Storage Chamber Dr. Fenny Martha Dwivanny beserta hasil risetnya mengenai Fruits Storage Chamber Foto : www.itb.ac.id/humas itb

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil pisang. Hampir 70% dari petani pisang kita merupakan petani tradisional. Berangkat dari hal tersebut, Institut Teknologi Bandung (ITB) berupaya memberikan solusi pasca panen berupa tempat penyimpanan buah agar dapat tahan lebih lama ketika diperam, serta dengan harga yang lebih terjangkau. Dr. Fenny Martha Dwivanny, Associate Professor di Sekolah Ilmu Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) mengembangkan berbagai teknologi yang berkaitan dengan buah pisang. Kali ini, Fenny dalam penelitian multidisiplinnya mendesain sebuah “Fruit Storage Chamber” –FSC. FSC merupakan tempat penyimpanan buah pasca panen yang didesain agar ketika diperam buah dapat tahan lebih lama.

 

Dr Fenny menjelaskan, buah pisang hasil panen hanya tahan seminggu. Ia ingin pisang bisa lebih tahan lama. Melalui metode ini, diharapkan buah bisa lebih panjang usianya, juga teknologi ini harganya jauh lebih murah. Ketika buah dimasukkan ke dalam wadah, wadah akan menahan oksigen. Maka dari itu, terdapat pelapis yang meredam oksigen. Hasil riset multidisiplin ini juga dilengkapi dengan nanoteknologi yang diusulkan oleh peneliti dari material science.

Di mana molekul senyawa nanoteknologi di FSC ini berperan untuk mendegradasi etilen. Teknologi FSC ini diciptakan dengan mengedepankan nilai ekonomis, ramah lingkungan dan bermanfaat secara umum. Itulah mengapa FSC ini menggunakan bahan dasar dari anyaman bambu yang sering ditemukan pada penjual pisang keliling.

 

Read 950 times Last modified on Monday, 01 July 2019 10:38