Monday, 08 July 2019 00:00

Indonesia tuan rumah kompetisi barista ASEAN

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Ketua Asosiasi Kopi Specialty Indonesia, Syafudin (kanan) didampingi Presiden ASEAN Coffee Federation (ACF) Victor Mah (tengah), dan Director, Community Affairs at ASEAN, Lee Yoong Yoong dalam konferensi pers kompetisi perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) di Jakarta, Senin (1/7/2019). Ketua Asosiasi Kopi Specialty Indonesia, Syafudin (kanan) didampingi Presiden ASEAN Coffee Federation (ACF) Victor Mah (tengah), dan Director, Community Affairs at ASEAN, Lee Yoong Yoong dalam konferensi pers kompetisi perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) di Jakarta, Senin (1/7/2019). Foto : antaranews.com/Zubi Mahrofi

Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi barista bertajuk “ASEAN Barista Team Championship 2019” (ABTC19) yang akan berlangsung pada tanggal 25-27 Juli 2019 di JIExpo, Jakarta. Ketua Asosiasi Kopi Specialty Indonesia, Syafudin dalam konferensi pers kompetisi perdana ABTC19 mengatakan, akan ada lebih dari 60 barista ASEAN berkumpul di Jakarta. Hal ini menunjukkan dinamika industri kopi ASEAN dan juga minat kompetitif untuk meningkatkan keterampilan barista ASEAN.

melalui ajang tersebut, Syafrudin optimistis akan mampu mengangkat standar kualitas barista ASEAN, khususnya Indonesia ke tingkat dunia dan bersaing global sekaligus mempromosikan profesi-profesi yang berhubungan dengan dunia perkopian. Ajang itu juga akan dapat memajukan kopi nasional yang pada akhirnya meningkatkan kehidupan petani kopi. Syafudin menambahkan Indonesia memiliki berbagai ragam jenis kopi arabica dan robusta yang bervariasi, dan cukup terkenal dengan kualitasnya.

Indonesia adalah negara dengan letak geografis dan struktur tanah yang cocok bagi pertumbuhan kopi, baik arabica dan robusta. Kedua jenis kopi tersebut, masing-masing mempunyai cita rasa yang tidak dipunyai negara lain. Syafudin mengatakan banyak wilayah di Indonesia yang mengembangkan perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Kompetisi perdana ABTC19 itu diselenggarakan oleh ASEAN Coffee Federation (ACF) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). Indonesia, diperkirakan akan menurunkan tim empat hingga lima tim, yang dibentuk dari para juara dari perlombaan yang berlangsung sebelumnya.

Read 964 times Last modified on Monday, 08 July 2019 10:13