Tuesday, 02 January 2018 21:32

Tradisi Mekiwuka, Sulawesi Utara

Written by 
Rate this item
(50 votes)

 

VOI PESONA INDONESIA Menjelang tahun baru 2018, ada beberapa kota yang rutin menggelar tradisi tahunan di daerahnya masing-masing untuk menyambut tahun baru masehi. Contohnya adalah Manado yang menggelar tradisi Mekiwuka. Kota Manado tidak hanya memiliki daya tarik pada wisata alamnya saja, tetapi budayanya pun memiliki daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi kota ini.

upacara Mekikuwa adalah upacara adat suku Minahasa di Manado. Mekiwuka merupakan ungkapan rasa syukur atas pemeliharaan Tuhan disepanjang tahun yang telah dilewati dan permohonan kepada Tuhan agar dibukakan jalan untuk memperoleh banyak berkat dalam menjalani tahun yang baru.

Upacara adat ini diselenggarakan dengan melakukan pawai yang dilakukan oleh seluruh warga kampung dengan memainkan alat musik sambil bernyanyi. Mereka  mengunjungi setiap rumah untuk memberi selamat tahun baru. Mekiwuka dilakukan mulai dari tengah malam pergantian tahun hingga subuh.

upacara Mekiwuka ini sudah ada sejak sejak beberapa tahun lalu di pesisir teluk Manado. Tradisi ini merupakan hasil kesepakan antara suku Minahasa dan orang Borgo. Orang Borgo adalah keturunan langsung hasil perkawinan campur antara suku Minahasa asli dan orang-orang Eropa, Spanyol, dan Portugis yang datang untuk berdagang di Kota Manado.

Pengaruh masyarakat keturunan Borgo terhadap seni tradisional sebagai bagian dari identitas Minahasa di Manado adalah tarian Katrili dan Figura. Figura mirip dengan Mekiwuka, keduanya merupakan tradisi menyambut tahun baru, bedanya kalau Mekiwuka dilaksanakan pada saat tengah malam menjelang pergantian tahun, sedangkan figura biasanya dilaksanakan saat kunci taong (tutup tahun) seminggu sesudah tahun baru.

untuk melestarikan budaya ini setiap tahunnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival adat Mekiwuka yang dirangkaikan dengan festival Figura setiap tahunnya.

Festival Adat Mekiwuka dilaksanakan resmi oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2016, sedangkan Festival Figura sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 16306 times