Thursday, 04 January 2018 14:42

Pantai Hamadi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOI PESONA INDONESIA jika anda ingin menikmati wisata sambil mempelajari sejarah dengan akses yang mudah, silakan kunjungi Distrik Jayapura Selatan, Kotamadya Jayapura, Provinsi Papua. Tidak jauh dari pusat ibukota Papua ini, ada sebuah pantai yang merupakan perpaduan wisata alam dan wisata sejarah. Pantai ini bernama Pantai Hamadi. 

untuk sampai ke Pantai Hamadi, pertama anda bisa naik pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Sentani di Kota Jayapura. Lalu, dari kota Jayapura, anda bisa lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000; atau, anda bisa gunakan jasa ojek dengan tariff Rp. 10.000 hingga Rp 30.000 saja.  

Jika anda merasakan semilir angin dalam perjalanan dari Kota Jayapura, artinya anda sudah dekat dengan Pantai Hamadi yang memang terletak dekat jalan raya. Tak lama kemudian, anda akan melewati pintu gerbang kawasan Pantai Hamadi. Untuk masuk ke kawasan pantai, anda akan dikenakan tariff masuk Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 20.000 untuk kendaraan roda empat.

Sesampainya di kawasan Pantai Hamadi, anda akan disambut oleh segarnya angin dan pemandangan yang indah. Pepohonan hijau, hutan bakau, dan pasir putih akan hadir di sekitar Pantai Hamadi. Pantai Hamadi akan semakin menarik lagi saat laut pasang. Karena setiap kali laut sedang pasang, ada fenomena yang dinamakan warga sekitar sebagai “Ombak Terbang”. “Ombak terbang” ini terjadi ketika gelombang besar dari laut lepas membentur keras tembok karang buatan. Saking keras benturannya, ombak bisa memuncrat  hingga 5 sampai 8 meter tingginya.Di pantai yang luasnya sekitar 5 hektar persegi ini, anda juga bisa menemukan sisa-sisa perang dunia kedua. Peninggalan sejarah yang paling mudah ditemukan adalah bebatuan sisa benteng pertahanan Sekutu yang terbentang sepanjang 2 kilometer.  Jika anda berkeliling lebih lanjut, anda bisa menemukan banyak peninggalan sejarah lainnya seperti meriam. 

setelah berenang dan berkeliling di Pantai Hamadi, anda bisa melepas lelah dengan bersantai di pondok-pondok yang disewakan dengan harga mulai Rp 25.000 hingga Rp 100.000. Di pondok-pondok ini, anda bisa menikmati udara segar dan bersih dari lautan lepas.

Setelah puas bermain di Pantai Hamadi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat anda. Tidak jauh dari kawasan Pantai Hamadi, ada pusat cinderamata dan kerajinan lokal bernama Pasar Sentral Hamadi. Selain bisa membeli oleh-oleh, anda juga bisa menemukan sebuah monumen yang mengenang pendaratan pasukan sekutu tepat di depan Pasar Sentral Hamadi.

Read 2298 times