enggar

enggar

24
January

Setelah vaksin booster Covid-9  ke-2 untuk para lanjut usia –lansia, dan tenaga kesehatan -nakes dilaksanakan pada akhir tahun lalu, kini giliran masyarakat umum bisa mendapat vaksin booster gratis mulai hari Selasa, 24 Januari.

Target  pemberian  vaksin Covid-19 booster ke-2 atau dosis keempat adalah orang dewasa di atas usia 18 tahun. Hal tersebut diumumkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran No. HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum yang ditandatangani oleh Direktur-Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit,  Maxi Rein Rondonuwu pada 20 Januari 2023.  Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa vaksin yang  digunakan untuk booster ke-2 atau dosis keempat adalah jenis vaksin yang telah memperoleh persetujuan atau Emergency Use Authorization  dari Badan Pengawas Obat dan Makanan -BPOM  dan diberikan minimal 6 bulan setelah masyarakat menerima vaksin booster pertama.

Untuk program ini, pemerintah telah mengalokasikan stok vaksin CovidD-19 sebanyak 9,3 juta dosis guna mendukung program vaksinasi dosis penguat atau booster ke-2 bagi masyarakat umum. Seperti yang dikatakan oleh  Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik pada Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Senin (23/1) bahwa stok vaksin  tersebut tersimpan di pusat sebanyak 7,2 juta dosis dan di daerah 2,1 juta dosis. Jenis vaksin yang disiapkan antara lain vaksin Janssen, Pfizer, Sinopharm, Zifivax dan sisanya  vaksin Merah Putih produksi dalam negeri yaitu Inavac dan Indovac.

Seperti diketahui, untuk mendapat vaksin booster ke-2 ini, masyarakat tidak harus menunggu tiket atau undangan, namun mereka bisa mendatangi tempat vaksinasi dengan melihat lokasi dimana vaksinasi berada melalui aplikasi Kesehatan yang sudah ada.  Selain itu, pelaksanakan percepatan vaksinasi adalah  meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19.

Sejatinya setelah pencabutan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat -PPKM oleh Presiden pada 30 Desember 2022, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap mengindahkan protocol kesehatan. Hal ini harus dipahami demi kesehatan lingkungan dan diri. Efek pandemi Covid-19 banyak memberikan pelajaran terhadap arti daya tahan tubuh, kesehatan lingkungan dan diri pribadi serta bagaimana pencegahannya.  Disamping itu, para pemangku kepentingan pun juga tidak boleh diam begitu saja walau sudah ada pencabutan PPKM, namun terus memantau sebaran dan keberadaan Covid-19 walau kini sudah dianggap flu biasa.  Karena di Tiongkok, varian terbaru dikabarkan banyak menimbulkan korban jiwa. Untuk itu selain pemberian booster ke-2, pemerintah sebaiknya terus memantau pergerakan pendatang dari luar negeri yang masuk ke dalam wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mencegah sebaran varian baru Covid-19 tersebut.

17
January

VOI PESONA INDONESIA Bogor, merupakan salah satu tujuan wisata yang lokasinya tak jauh dari kota Jakarta. Di Bogor banyak destinasi wisata menarik. Bagi Anda pencinta wisata air, curug Lembah Tepus yang bertingkat-tingkat ini bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Lembah Tepus terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Anda akan merasakan udara sejuk serta pepohonan hutan rindang yang berada di sekeliling curug Lembah Tepus. Lokasinya berada di Pasir Reungit, Gunung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak tempuh Lembah Tepus dari Kota Bogor sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Untuk berlibur ke Lembah Tepus, Anda akan dikenakan biaya sebesar 10.000 Rupiah. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Air terjun Lembah Tepus tidak terlalu tinggi hanya beberapa meter saja. Air terjun tersebut memiliki kontur yang bertingkat-tingkat. Tingkatan tersebut terbentuk secara alami. Lembah Tepus juga memiliki air khas gunung yang bersih ,jernih, dan berwarna biru kehijauan. Air tersebut ditampung di kolam yang terbuat dari batuan alam. Anda bisa menikmati kesegaran air Lembah Tepus dengan berendam di kolam airnya.

Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa berselfie ria di air terjun ini. Di destinasi ini sudah disediakan beberapa spot yang dapat menjadi latar foto para pengunjung. Anda juga dapat bersantai menikmati suasana di sekitar Lembah Tepus yang asri dengan udara yang sejuk. Di Lembah Tepus Anda pun bisa berkemah. Tersedia area camping yang disediakan untuk wisatawan. Lembah Tepus memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap, yaitu mushola, toilet, gazebo dan warung makan.

15
November

VOI KOMENTAR Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) berlangsung pada 15 – 16 November 2022. Bisa dikatakan, saat ini perhatian dunia tertuju kepada Bali, Indonesia. Beberapa hal penting akan menjadi catatan sejarah G20. Dunia menantikan komitmen penting atas isu global. Komitmen itu  berupa hasil kerja konkret G20.

Output konkret Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi hal yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo.  Kepala negara kembali menegaskan hal itu dalam pertemuan bilateralnya dengan beberapa pemimpin negara. Seperti dalam pertemuan dengan Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.  Dalam sejumlah pertemuan bilateral, Presiden Joko Widodo menegaskan hasil kerja konkret G20 yang ditunggu dunia dapat dihasilkan. Sedangkan saat bertemu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden Joko Widodo mengatakan, harapan dunia sangat besar terhadap G20 sebagai katalis pemulihan global. Kesuksesan G20 merupakan tanggung jawab bersama  dari seluruh negara G20.

Satu hasil konkret yang sudah diluncurkan adalah Pandemic Fund atau dana pandemi yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 November. Pandemic Fund berhasil mengumpulkan dana sebesar 1,4 miliar Amerika yang berasal dari 20 kontributor, yaitu anggota G20, negara non-G20, dan tiga lembaga filantropis dunia. Memang jumlah yang terkumpul belum mencapai dari yang ditargetkan. Mengutip laman kemenkeu.go.id, berdasarkan hasil studi yang dilakukan Bank Dunia dan organisasi kesehatan dunia awal tahun ini, pembiayaan dalam pandemic fund membutuhkan dana sebesar 31,1 miliar Amerika setiap tahunnya. Presiden Joko Widodo  mengharapkan dukungan dan kontribusi lebih besar lagi untuk dana pandemi yang digunakan untuk membiayai sistem pencegahan, persiapan, dan respon terhadap pandemi di masa mendatang.

Dalam dua hari pertemuan puncak  kepala negara, diharapkan juga akan menghasilkan teks deklarasi dari para pemimpin negara atas tiga sektor  prioritas, yakni penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi. 

Indonesia boleh berbangga atas keberhasilan dalam menjalankan tugas Presidensi G20 2022. Apalagi, seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, Presidensi G20 tahun ini  adalah yang terberat sepanjang sejarah G20. Tetapi, kehadiran 17 Kepala Negara menjadi bukti  bahwa Indonesia berhasil  mengajak   dunia untuk Pulih Bersama, Bangkit Perkasa,  Recover Together, Recover Stronger.

27
October

VOI PESONA INDONESIA Bagi Anda pencinta wisata bahari, Blitar di Jawa Timur bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Di kabupaten ini ada 4 wisata pantai yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah pantai Gondo Mayit. Dalam bahasa Jawa, Gondo Mayit memiliki arti bau mayat. Terdengar agak seram memang. Namun justru pantai ini tidak seseram namanya, bahkan tergolong indah. Pantai Gondo Mayit sendiri terletak di sebelah selatan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Blitar ke arah Kademangan dan Tulungagung. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar tujuh ribu rupiah.

pantai Gondo Mayit memiliki pasir yang landai, sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Pasir putihnya sangat bersih, tanpa karang dan tidak ada sampah. Selain itu, karena berada di sebelah selatan pulau Jawa membuat Pantai ini dianugerahi ombak yang cukup besar, sehingga lokasi ini menjadi tempat favorit para peselancar (surfer) untuk mencoba ganasnya ombak pantai Gondo Mayit. Namun jika Anda tidak bisa surfing, Anda pun bisa berenang atau sekedar bermain di pinggir pantainya saja.

berwisata ke pantai Gondo Mayit, Anda bisa puas berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai, laut dan bukitnya yang indah. Lelah bermain di pantai Gondo Mayit, Anda juga bisa makan di sejumlah warung makan yang dikelola oleh warga desa setempat. Mereka menjual berbagai macam makanan olahan ikan hasil laut setempat. Kemudian jika ingin bermalam, untuk menikmati keindahan matahari terbenam dan terbit, di puncak bukit terdapat sebuah pondok kayu yang bisa Anda sewa untuk menginap.