enggar saraswati

enggar saraswati

14
January

Hds

Published in pop music

Catatan pertama Hari ini dalam Sejarah kali ini adalah peristiwa 14 Januari 1907, Gempa Bumi di Kingston, Jamaica

Gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang ibukota pulau Jamaika/ Kingston pada  14 Januari 1907//

Gempa tersebut mengakibatkan kematian sekitar 1.000 orang dan menyebabkan sekitar 10.000 orang menjadi tuna wisma dan kerusakan material//

Tidak lama berselang setelah gempa bumi/ dilaporkan terjadi tsunami di pantai Utara Jamaika/ dengan tinggi gelombang sekitar 2 meter//

Bencana ini menjadi salah satu gempa bumi paling mematikan di dunia yang tercatat dalam sejarah//

14 Januari 1953, Josip Broz Tito dilantik sebagai presiden pertama Republik Federal Sosialis Yugoslavia.

Josip Broz adalah revolusioner komunis sekaligus negarawan Yugoslavia yang menduduki berbagai jabatan sejak tahun 1943//

Ia dilantik sebagai Presiden Yugoslavia pada 14 Januari 1953 dan menduduki jabatan tersebut hingga hari kematiannya 4 Mei 1980//

Meski dalam masa kepemimpinannya Tito dikritik sebagai yang otoriter/ namun sebagian sejarawan menganggapnya sebagai diktator budiman//

Tito adalah tokoh masyarakat yang terkenal di Yugoslavia dan dunia// Ia juga dianggap sebagai tokoh pemersatu yang berhasil mempertahankan keutuhan federasi Yugoslavia melalui berbagai kebijakan dalam negerinya//

Ia mulai mendapat perhatian lebih dari dunia saat menjadi pelopor Gerakan Non-Blok bersama Soekarno dari Indonesia/ Jawaharlal Nehru dari India dan Gamal Abdul Nasser dari Mesir//

14 Januari 2016, terjadinya Teror Bom di Jakarta

 Pada tanggal 14 Januari 2016 terjadi peristiwa Teror Bom dan penembakan di daerah sekitar Plaza Sarinah/ Jalan MH Thamrin/ Jakarta Pusat DKI Jakarta//

Ledakan terjadi di dua tempat/ yakni kawasan parkir Menara Cakrawala gedung sebelah utara Sarinah dan sebuah pos polisi di depan gedung tersebut//

Empat pelaku penyerangan dan empat warga sipil tewas dan 24 lainnya luka-luka akibat serangan tersebut//

Tujuh orang terlibat sebagai pelaku penyerangan dan organisasi ISIS mengklaim bertanggung jawab sebagai pelaku penyerangan//

17
April



Hari Idul Fitri atau Lebaran yang diperkirakan jatuh tanggal 21 April mendatang merupakan hari raya dan liburan terpenting di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Sudah menjadi tradisi, menjelang hari tersebut masyarakat berbondong-bondong meninggalkan kota besar tempat mencari nafkah dan kembali ke kampung halaman untuk merayakannya bersama keluarga dan kerabat. Moda transportasi yang paling banyak digunakan adalah kendaraan roda empat, baik milik pribadi maupun sewaan. Akibatnya, kemacetan parah seringkali terjadi di beberapa ruas jalan, bahkan di jalan tol, menuju daerah-daerah tertentu.

Jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan melonjak dari 86 juta tahun lalu menjadi 123 juta tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung kesiapan mudik di pelabuhan Merak, Selasa 11 April lalu. Dalam kata sambutannya, Presiden Jokowi berharap arus mudik tahun ini akan berjalan dengan baik.

Sebenarnya puncak kesibukan arus mudik pada hari-hari tertentu tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat dan Kanada. Tradisi mudik setiap tahun di sana adalah untuk merayakan hari libur nasional, seperti Thanksgiving setiap tanggal 24 November atau hari Natal tanggal 25 Desember.


Sementara itu, di benua Eropa, puncak keramaian perjalanan biasanya bukan ketika merayakan hari besar melainkan pada saat liburan musim panas. Masyarakat Eropa Utara secara massal akan melakukan perjalanan menuju ke kawasan wisata tepi pantai di Eropa Selatan untuk menikmati sinar matahari. Kemacetan total biasanya terjadi di jalan jalan tol Prancis yang dikenal dengan nama Route du Soleil, atau rute menuju sinar matahari. Fenomena itu sering disebut sebagai black Friday karena masyarakat Prancis biasanya memulai musim liburan mereka pada hari Jum’at, memasuki akhir pekan .

Namun arus mudik paling besar di planet bumi ini adalah perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek. Pada Januari tahun 2023 ini tercatat 2,1 milyar pergerakan moda transportasi darat, laut dan udara di sana. Moda transportasi yang paling diminati oleh masyarakat Cina adalah Kereta Api.
Bagi orang Indonesia mudik atau beramai-ramai pulang kampung punya makna tersendiri. Selain memuaskan rasa rindu kepada keluarga dan handai tolan, pemudik umumnya akan membelanjakan uang yang diperoleh selama bekerja di perantauan di kampung halaman masing-masing. Maka terjadilah pergerakan ekonomi yang cukup menggembirakan di daerah.

Semoga arus mudik dalam rangka merayakan Lebaran 2023 akan berjalan dengan lancar. Sekian Komentar hari ini.//


08
March

Hari ini, 8 Maret diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Perempuan Internasional. Sebuah peringatan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan peran perempuan (dewasa) dan anak perempuan di seluruh penjuru dunia. Tema peringatan tahun ini adalah DigitALL : Innovation and Technology for Gender Equality.

Bila dilihat secara umum, banyak perempuan yang telah berhasil mencapai prestasi tinggi dalam berbagai bidang. Tidak sedikit perempuan yang memiliki profesi sama dengan pria dalam segala aspek termasuk dalam pemerintahan di negaranya.

Tetapi ada satu catatan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres yang harus menjadi perhatian. Ia memperingatkan bahwa dengan kondisi yang ada saat ini, kesetaraan gender diperkirakan baru akan tercapai 300 tahun lagi. Guterres menyampaikan hal ini dalam pembukaan  pertemuan Komisi PBB tentang Status Perempuan ( UN  Commission on the Status of Women), Senin  (6/3).

Di Indonesia, memajukan kesetaraan dan keadilan gender terus didorong oleh Pemerintah. Upaya itu dilakukan melalui berbagai komitmen dan praktik baik. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam Acara ”Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023” di Jakarta, bulan lalu mengatakan negara sejak awal telah menginstruksikan setiap sektor pembangunan untuk mengedepankan prinsip kesetaraan, keadilan, dan inklusivitas. Perempuan memiliki potensi dan kontribusi besar bagi sekitarnya. Pelibatan perempuan juga menjadi penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan.

Komitmen dan praktik baik yang dilakukan Pemerintah Indonesia sudah mulai memperlihatkan hasil. Paling tidak terlihat dari kenaikan peringkat Indonesia dalam laporan Global Gender Gap Report 2022 yang dirilis World Economic Forum pada bulan Juli 2022.  Skor indeks ketimpangan gender di Indonesia berada di kisaran 0,697 (pada skala 0 sampai dengan 1), dan berada pada peringkat ke-92 dari 146 negara.

Tentu menjadi harapan semua perempuan Indonesia kesetaraan dan keadilan gender segera terwujud. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  terus bersinergi dengan berbagai unsur untuk memberantas kesenjangan gender yang masih dialami oleh sebagian besar perempuan Indonesia. Tetapi sesungguhnya, merupakan tanggung jawab seluruh perempuan Indonesia juga untuk dapat mencapai hasil yang kondisi yang diinginkan.  

Dikaitkan dengan tema Hari Perempuan Internasional tahun ini, teknologi dan inovasi digital untuk kesetaraan gender, tak ada alasan bagi perempuan Indonesia untuk tertinggal. Apalagi melihat data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik, tentang mengakses internet menurut jenis kelamin, perempuan mengakses internet sebesar 54, 70 persen. Ini menjadi bukti perempuan Indonesia mendapatkan akses ke teknologi digital. 

Menjadi tugas dan tanggung jawab setiap perempuan Indonesia untuk mengembangkan dan memberdayakan dirinya dalam hal teknologi dan inovasi digital. Upaya ini akan mewujudkan kesejahteraan bukan hanya untuk dirinya, tetapi untuk lingkungan, negara, bahkan dunia.

Pemberdayaan diri perempuan Indonesia dalam hal teknologi dan inovasi digital dengan dukungan dari segala pihak, tentu akan mempercepat tercapainya kesetaraan dan keadilan gender.

Selamat hari Perempuan Internasional 2023.

07
March

                              

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data The Royal Islamic Strategic Studies Centre –RISSC (2022), jumlah penduduk muslim Indonesia diperkirakan mencapai lebih 237,56 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 86,7% populasi di dalam negeri. Hal ini membutuhkan kebutuhan ekonomi yang berbasiskan Syariat Islam dengan merujuk pada stándar halal. Ketersediaan produk halal untuk kaum muslim di Indonesia merupakan ceruk yang menggiurkan pelaku bisnis baik dari  Usaha Mikro Kecil Menengah -UMKM maupun pebisnis besar.

Berdasarkan data pada Islamic Finance Development Report 2020, secara umum nilai indikator pembangunan Keuangan Islam Indonesia berada pada posisi kedua. Kemudian peringkat kategori halal food Indonesia berada pada posisi 4, fashion di posisi 3, media dan rekreasi di posisi 5, muslim friendly travel di posisi 6,  kosmetik dan farmasi di posisi 6, serta Islamic Finance juga di posisi 6. Menurut data terakhir 2022, nilai-nilai tersebut mengalami peningkatan meskipun terkena badai pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga sudah menargetkan pada 2024 mendatang Indonesia akan menjadi pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion. Dia berpendapat bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi pusat industri halal di dunia. Pernyataan Presiden Joko Widodo merujuk dari jumlah penduduk muslim Indonesia yang merupakan terbesar di dunia.

Menindaklanjuti hal tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan pengusaha Jepang di Osaka, Jepang, Senin (6/3). Dia melakukan pembahasn tentang upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024; salah satunya dengan memperluas jejaring dengan Jepang. Diperkirakan pihak perusahan Jepang yang sudah mendapat sertifikasi halal dari Indonesia akan berinvestasi dengan nilai lebih dari Rp600 miliar untuk produk halal. Diharapkan hasil produksi halal tersebut dapat memenuhi kebutuhan Indonesia bahkan untuk ekspor ke negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara serta negara-negara yang terdapat banyak komunitas muslimnya.

Untuk mewujudkan menjadi pusat halal dunia, pihak-pihak terkait dari hulu hingga ke hilir harus bekerja ekstra keras dan konsisten. Keberadaan sertifikasi halal di Indonesia telah dilaksanakan sejak 1976. Hal ini dimulai dari labelisasi produk non-halal oleh Departemen Kesehatan. Tentunya, kehadiran investor dari Jepang dalam produk halal harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pihak Indonesia, terutama dalam segi kualitas, kemasan, kebersihan dan ketepatan.  Jika Indonesia terwujud menjadi pusat halal dunia 2024, kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi membawa keberkahan untuk seluruh penduduk Indonesia, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Dengan demikian, para pelaku bisnis akan menikmati hasil, terutama untuk produk-produk UMKM yang terbukti mampu bertahan saat menurunnya ekonomi akibat pandemi Covid-19.