Tuesday, 06 August 2019 00:00

Lampung Karakatau Festival 2019

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Lampung Karakatau Festival 2019 Foto : indopos.co.id

 

pada 31 Juli 2019 Kementerian Pariwisata meluncurkan Lampung Krakatau Festival 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata di Jakarta. Lampung Karakatau Festival 2019 akan diadakan dari 23 hingga 25 Agustus dan sudah  masuk dalam Calendar Of Event (CoE). Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Calendar Of Event (CoE) Esthy Reko Astuti mengatakan bahwa Lampung Krakatau Festival digelar sebagai momentum untuk semakin memperkenalkan Gunung Krakatau sebagai ikon pariwisata. Menurut Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, selain mempromosikan Gunung Krakatau, festival ini juga mempromosikan kain tradisional Tapis Lampung. Perhelatan ini akan menampilkan peragaan busana dari berbagai desainer dalam Karnaval Budaya dan tapis lampung.

 

Lampung Krakatau Festival 2019 akan menampilkan empat acara dimulai dengan 'Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai'. Acara tersebut merupakan  upacara pembukaan Lampung Krakatau Festival yang dipusatkan di Lapangan Saburai, Bandar Lampung, pada 23 Agustus. Pembukaan acara akan dimeriahkan dengan seni, drama, dan tari. Kemudian, ada pula pentas kesenian tradisional dan kreasi modern, serta pertunjukan grup musik. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan 'Krakatau Expo' yang dimeriahkan dengan lomba kuliner dan pameran produk ekonomi kreatif di Lapangan Saburai, 23 Agustus hingga 25 Agustus. Krakatau Expo masih dimeriahkan pameran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) ekonomi kreatif, lomba kuliner tradisional dan kuliner kekinian, lomba menghias 1.000 cupcake, serta penyajian 5.000 porsi pengolahan mie. Diadakan juga acara makan gratis bersama.

 

 

Ada pula Trip Krakatau  pada 24 Agustus, dimana peserta akan berlayar menyaksikan metamorfosis Gunung Anak Krakatau, memperingati peristiwa meletusnya Gunung Krakatau, pada 26 Agustus 1883. Lalu digelar acara  'Parade Permainan Anak Tradisonal' di Lapangan Saburai. Dalam acara ini akan ada aneka seni pertunjukan permainan anak tradisional Lampung. Tak cuma itu ada pula permainan tradisional nusantara. Kemudian Karnaval Budaya dan Tapis Lampung akan berlangsung pada 25 Agustus. 

 

Read 1060 times Last modified on Tuesday, 06 August 2019 11:49