Tuesday, 22 October 2019 13:28

Kabinet Joko Widodo – Ma’ruf Amin

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pelantikan presiden Indonesia periode 2019 – 2024 telah berjalan dengan lancar dan aman.  Menjadi ramai diperbincangkan kemudian adalah siapa yang akan dipilih presiden Joko Widodo untuk membantunya bekerja dalam kabinet.  Setelah pelantikan, Presiden Joko Widodo mengatakan akan mempekenalkan menteri-menteri yang telah dipilih.

Rakyat Indonesia masih harus menunggu siapa yang memimpin kementerian-kementerian dan lembaga tinggi negara. Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang meminta masyarakat untuk bersabar menunggu pengumuman kabinet.  Menurutnya, Indonesia tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, serta bersedia untuk mengabdi kepada bangsa. Presiden juga menyebut para menteri yang akan membantunya berasal dari  akademisi, birokrasi, politisi, santri, tentara nasional Indonesia dan juga polisi. Ia menekankan tidak sulit untuk menemukan mereka.

Siapa yang akan mengisi posisi dalam Kabinet Pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, tentunya diharapkan adalah mereka yang akan bekerja untuk menjawab kebutuhan bangsa Indonesia. Mereka yang bisa sepenuhnya menafsirkan dan menjalankan apa yang diinginkan presiden Joko Widodo dalam Nawa Citanya. Pemerintahan kedua Joko Widodo menjadi sangat krusial, untuk melakukan akselerasi mencapai target dan tujuan yang ingin diraih.

Kabinet mendatang diharapkan akan bergerak cepat untuk lima fokus pemerintah, yaitu  pembangunan sumber daya manusia dan infrastrukur,  pemangkasan kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi. Orang-orang yang tepat itu juga diharapkan akan bekerja di atas kepentingan negara dan bangsa, dengan mengenyampingkan kepentingan kelompok atau partai-partai yang mengusung mereka. Sehingga mereka akan bekerja penuh selama lima tahun  dengan penuh.

Menjadi harapan juga kelak tidak  terjadi reshuffle kabinet, atau kalaupun ada tak sebanyak periode sebelumnya. Menengok ke periode 2014 – 2019 telah terjadi empat kali perombakan susunan Kabinet Kerja.  Tentu masyarakat Indonesia bisa bersabar untuk menanti. Apalagi yang akan mengisi empat kementerian koordinator dan 33 kementerian nanti diharapkan  adalah mereka  yang benar-benar tepat.  Yang akan bekerja bersih, bebas dari dugaan korupsi, berdedikasi tinggi terhadap bangsa dan negara dan tentunya mampu di bidangnya masing-masing.

Harapan tinggi diletakkan kepada mereka yang nanti menempati posisi dalam Kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, agar dapat membawa Indonesia dengan Sumber Daya Manusia yang Unggul untuk Maju.

Read 666 times