Sunday, 04 March 2018 12:55

Jakabaring Dijadikan Kawasan Hijau

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kawasan Jakabaring, Palembang, akan dijadikan kawasan bebas polusi karena kendaraan yang beroperasi di areal tersebut saat pelaksanaan Asian Games Agustus 2018 adalah mobil dengan emisi rendah.  Sekretaris Daerah Sumatera Selatan-Sekda Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Rabu menegaskan tujuan dijadikannya kawasan tersebut menjadi areal bebas polusi supaya para atlet dan peserta pesta olahraga akbar mendatang menjadi nyaman dengan udara yang segar. Kawasan olahraga bertaraf internasional itu akan dijadikan areal hijau karena seluruh kendaraan yang operasional nantinya rendah emisi. Bahkan, nantinya mobil operasional mengangkut atlet di areal itu akan menggunakan kendaraan elektrik dan berbahan bakar gas. Dia mengatakan begitu pula bila atlet yang akan masuk ke kawasan olahraga terpadu tersebut akan dijemput menggunakan mobil yang telah disediakan yang kesemuanya menggunakan bahan bakar rendah emisi. 

Selain itu, kawasan olahraga Jakabaring juga akan dilengkapi fasilitas penerangan yang bebas polusi seperti pembangkit listrik tenaga surya. Selain itu juga kawasan tersebut akan dijadikan areal hijau karena taman yang mengelilingi sekitar kawasan tersebut akan ditata secara rapi. Penataan taman di areal tersebut telah dianggarkan melalui program lanskap dengan biaya puluhan miliar. Dengan dijadikannya kawasan olahraga Jakabaring Palembang menjadi areal bebas polusi, maka daerah ini semakin maju dan berkembang. Nasrun Umar mengatakan, pihaknya telah memprogramkan penghijauan di kawasan olahraga yang akan dihadiri tamu berbagai negara tersebut. Penghijauan tersebut akan dibantu pemerintah pusat sehingga kawasan olahraga internasional itu semakin menarik untuk dikunjungi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan, Bangunan dan Lingkungan Dinas Perumahan dan Permukiman Sumatera Selatan Aminuddin mengatakan, dalam pelaksanaan penghijauan Kawasan Jakabaring sudah dilakukan survei termasuk Detail Enginering Desaign (DED) dan saat ini sedang proses lelang. Nantinya, kawasan olahraga tersebut antara lain memiliki petunjuk arah ke-tempat pertandingan dengan menggunakan pohon atau tanaman. Aminuddin mengatakan, begitu juga jalan setapak ditanam rumput yang disesuaikan dengan kondisi fasilitas pertandingan. Pihaknya sengaja menggunakan pohon atau tanaman karena mengusung tema Green Road Smart City.      

 

Read 865 times Last modified on Sunday, 04 March 2018 13:58