Sunday, 06 May 2018 00:00

Asian Games Tingkatkan Pariwisata Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Asian Games Tingkatkan Pariwisata Indonesia.

Pesta Olahraga Asia, atau lebih dikenal dengan Asian Games 2018 akan dilaksanakan di Indonesia pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Acara multi event olahraga regional Asia yang ke-18 ini akan diselenggarakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Ini merupakan kali kedua bagi Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan asian Games setelah Asian Games ke 4 yang dilaksanakan di Jakarta pada tahun 1962.

Pada pesta olahraga ini Indonesia akan kedatangan banyak pengunjung dari berbagai negara. Kedatangan warga dari berbagai negara pada event ini memberi keuntungan tersendiri bagi Indonesia, seperti dibidang ekonomi dan pariwisata.Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir mengatakan perhelatan Asian Games 2018 akan mendongkrak sektor pariwisata Indonesia.Untuk memanfaatkan moment tersebut, Inasgoc bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI, membuat paket promosi wisata bagi turis asing pada saat Asian Games 2018 berlangsung. Paket tersebut ber bentuk promosi biasa untuk masyarakat luas dan bentuk promosi melalui atlet dan tim ofisial negara peserta yang akan datang sebulan lebih awal dari hari pembukaan.

Menurut Erick Thohir, paket wisata tersebut ditujukan kepada turis mancanegara yang memang punya minat pada olahraga. Setelah menonton mereka bisa berkunjung destinasi wisata di Indonesia, misalnya Bali. Menurut Erick, sulit untuk mengajak wisatawan di tempat liburan favorit seperti Bali untuk ikut datang ke Asian Games 2018. Pada saat Asian Games 2018 berlangsung, jumlah wisatawan mancanegara diperkitrkan akan mencapai sekitar 250 ribu orang. Selain itu, Erick menilai penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak akan terganggu oleh momen tahun politik. Pengumuman calon presiden dan wakilnya yang akan dikeluarkan pada Agustus 2018, diharapkan baik-tidak akan berpengaruh pada untuk perhelatan Asian Games 2018.Sementara itu, Palembang sebagai salah satu kota tempat pelaksanaan Asian Games 2018, juga terus berbenah dan mempersiapkan destinasi wisata unggulannya, seperti Sungai Musi dan beberapa anak sungai lainnya di kota Palembang. Saat ini sedang dilakukan normalisasi sungai Sekanak. Penjabat sementara atau PJs Walikota Palembang Akhmad Najib menjelaskan Pemerintah Kota Palembang telah mempersiapkan anggaran sebesar 7,5 miliar rupiah untuk restorasi sungai Sekanak yang akan dijadikan salah satu tujuan wisata di Palembang. Dalam waktu dekat program yang telah direncanakan sejak 2016 lalu oleh Walikota Harnojoyo, telah memasuki tahap persiapan pengerjaan. Dimana, sungai ini akan jauh lebih cantik dan menjadi salah satu destinasi pariwisata baru Kota Palembang. Akhmad Najib berharap agar masyarakat turut menjaga destinasi wisata kota Palembang ini.

Read 922 times