Monday, 28 May 2018 07:52

Seniman Untuk Pembukaan Asian Games

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Penyelenggaraan Asian Games ke-18 tinggal hitungan bulan. Pembukaan pesta olahraga Asia 4 tahunan ini, akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 di Jakarta,  Indonesia.  Sedang penyelenggaraanya akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang, Sumatra Selatan. Persiapan untuk perhelatan termasuk Infrastruktur, fasilitas dan sarana sudah  mencapai lebih dari 90 persen.

Upaya serius Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 – INASGOC saat ini adalah persiapan acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Sekitar 5.500 pengisi acara dan 141 musisi dilibatkan,  termasuk  penyanyi dan musisi papan atas Indonesia yang tak ketinggalan  ikut ambil bagian untuk menyukseskan Asian Games 18 ini.

Apa pesan yang ingin disampaikan lewat karya seni para seniman  untuk Asian Games?

Salah satu Direktur Asosiasi Industri Rekaman Indonesia – ASIRI Jusak Irwan Sutiono mengungkapkan keterlibatan mereka murni karena merasa Asian Games adalah milik semua dan harus didukung. Ini sangat terasa seperti dalam Official Theme Song Asian Games 2018, “Bright as Sun”

Kibarkan bendera bangsamu

Terletak di tiang tertinggi

Jadikanlah jiwa mudamu

Mengukir sejarah

Semangat kompetisi sangat terasa dalam lirik lagu ini. Karena setiap atlit tentu akan mengupayakan usaha terbaiknya untuk mencatat sejarah bagi negaranya. Pesan itu juga menjadi pendorong semangat untuk atlit Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Kontribusi terbaik juga sedang disiapkan oleh seniman lain. Lebih 250 penari dari 18 sekolah menengah atas di Jakarta telah berlatih untuk menampilkan tarian budaya Indonesia  yang dikemas secara modern. Sementara 2000 penari professional, pelajar dan mahasiswa sekolah seni, juga  digandeng  untuk menjadi bagian dari pertunjukkan spektakuler pembukaan dan penutupan Asian Games.

Keterlibatan seniman dalam Asian Games 18 sangat besar maknanya. Karena tak jarang keberhasilan penyelenggaraan sebuah pesta olahraga diukur dari acara pembukaan dan penutupan. Terlebih upacaranya akan disiarkan ke 45 negara di Asia dan beberapa negara di benua lain, seperti Amerika Latin. Harapan besar ditumpukan pada kerja keras seniman atau  pekerja seni yang sering disebut sebagai insan kreatif serta  panitia yang sudah lebih dari satu tahun menyiapkan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.  Apalagi ada standar Olimpiade dan Asian Games yang harus dipenuhi.

Untuk Indonesia, Asian Games bukan hanya penyelenggaraan kompetisi olahraga, tetapi juga menjadi salah satu media untuk mempromosikan kekuatan dan potensi Indonesia.  Momen upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 juga menjadi momen untuk memperlihatkan karya seniman Indonesia yang sudah sejajar dengan karya dunia.

Read 877 times Last modified on Tuesday, 29 May 2018 06:06