Thursday, 26 July 2018 13:53

Pentingnya Pemahaman Literasi Digital Bagi Masyarakat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Saat ini penggunaan gawai di kalangan masyarakat sudah begitu melekat dalam kehidupan sehari- hari. Tidak saja di kalangan dewasa tapi juga di kalangan anak-anak bahkan balita sudah diperkenalkan pada gawai sejak usia dini. Fenomena kecanduan gawai di kalangan anak dan remaja  cukup mengkhawatirkan , karena bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak.  Interaksi sosial bisa menjadi terhambat. Anna Surti Ariani, seorang psikolog anak dan keluarga mengatakan ketidaktegasan orang tua dalam membatasi waktu anak bermain gawai terutama gim daring ( dalam jaringan / online ) merupakan salah satu faktor anak kecanduan gawai. Faktor lainnya adalah kurangnya literasi orangtua pada teknologi. Cukup banyak orangtua yang gagap teknologi,sehingga tidak tahu bahwa aplikasi atau konten tertentu yang seharusnya dihindari oleh anak.  Melindungi anak dari pengaruh buruk internet bisa dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya dengan membuka laman yang aman dan layak untuk anak.

Untuk Indonesia pemahaman akan  literasi digital sudah sangat mendesak, mengingat bahwa jumlah penduduk yang bermigrasi ke dunia maya sudah sangat besar. Kemajuan teknologi yang begitu pesat perlu diimbangi oleh kecerdasan dalam menggunakan perangkat teknologi modern. Dengan demikian kemajuan teknologi secanggih apapun, tetap harus bermanfaat dan mengandung kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat secara komprehensif, khususnya dalam interaksi sosial. Dan itu semua harus dimulai dari masa anak mengenal perangkat digital.

Menurut Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital, Dedy Permadi penting bagi orangtua memastikan anaknya memperoleh keuntungan yang maksimal dari internet. Gerakan ini dalam kegiatannya senatiasa memberikan pelatihan “ber literasi digital”di 140 kota di Indonesia dan ada sekitar 90 ribu orang yang telah mengikuti pelatihan. Harapannya cakap literasi digital  tidak sekedar terampil secara tehnis dalam mengakses internet tetapi juga mampu menyaring beragam informasi dan hiburan di internet.

Diperlukan pendekatan multi dimensi dalam proses pembelajaran masyarakat agar terdidik secara digital, melek teknologi sekaligus cerdas, kreatif dan berbudaya. Di tengah sebaran informasi di media digital, maka kemampuan literasi digital menjadi sesuatu yang strategis.Dengan sosialisasi yang masif dan luas akan pentingnya pemahaman literasi digital,kerjasama antar pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat dalam menyediakan akses internet yang aman bagi anak dan remaja,  tentunya dapat mewujudkan  manfaat dari penggunaan internet yang positif.Literasi digital sejatinya mendorong para penduduk di dunia digital (digital citizen) untuk lebih arif dalam menggunakan instrumen teknologi tersebut. 

Read 47 times