Thursday, 21 March 2024 20:37

Produk Sepatu Militer Asal Indonesia Diminati Arab Saudi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Suasana pabrik sepatu yang memproduksi sepatu militer di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Sella Panduarsa Gareta)

 

VOInews, Jakarta: Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad mengatakan, sepatu militer Indonesia diminati perusahaan importir Arab Saudi. Hal ini disebabkan tingginya permintaan akan sepatu militer di Arab Saudi tidak bisa ditangani satu perusahaan saja. Oleh karena itu, Aziz mengatakan Wadina, perusahaan yang ditunjuk pemerintah Arab Saudi, tertarik bermitra dengan perusahaan Indonesia.

"Oleh karena itu, Wadina tertarik untuk bermitra dengan PTG (Parabellum Tactical Gear) dalam memenuhi kebutuhan sepatu militer di Arab Saudi," ujar Aziz melalui keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

 

Aziz mengatakan, pemerintah Arab Saudi sedang membatasi impor produk-produk militer dari berbagai negara. Hal tersebut didasarkan kebijakan Arab Saudi yang lebih mengembangkan produk-produk dalam negeri. Namun, kondisi saat ini membuka peluang Indonesia untuk menyuplai produk sepatu militer ke Arab Saudi.

 

Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI Riyadh, Gunawan menyampaikan, penjajakan ini dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia ke Timur Tengah. Ia juga menyebut militer Arab Saudi telah lama menggunakan produk Indonesia.

 

"Sebelumnya, militer Arab Saudi juga telah lama menggunakan produk tekstil produksi Sritex dari Solo, Indonesia. Tentunya, potensi kerja sama untuk produk sepatu militer ini dapat meningkatkan kinerja ekspor non migas Indonesia ke Timur Tengah," kata Gunawan.

 

Berdasarkan data Statistik Perdagangan, ekspor produk sepatu Indonesia ke Arab Saudi pada periode 2020-2022 mengalami peningkatan. Pada 2022, nilai ekspor sepatu Indonesia ke Arab Saudi tercatat sebesar 46,89 juta dolar AS. Angka ini hampir dua kali lipat nilai tahun 2020, yang sebesar 23,99 juta dolar AS. (Antara)

Read 136 times