Monday, 04 March 2019 00:00

Jenis Katak Baru ditemukan di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Jenis Katak Baru ditemukan di Indonesia Foto : sains.kompas.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Baru-baru ini, ditemukan jenis katak baru di Indonesia. Katak ini diberi nama Latin Microhyla gadjahmadai sebagai bentuk penghormatan kepada Mahapatih Gadjah Mada. Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-LIPI memberikan keterangan bahwa pemberian nama itu didedikasikan untuk Mahapatih Gadjah Mada, yang telah menyatukan Nusantara di era Kerajaan Majapahit. Penemuan jenis baru Microhyla gadjahmadai ini menambah kekayaan jenis amfibi Indonesia.

Tercatat saat ini ada 407 jenis katak asli Indonesia. Secara morfologi, Microhyla gadjahmadai memiliki letak lubang hidung yang cenderung di tengah antara mata dan ujung moncong. Persebaran katak jenis baru ini meliputi Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan pada ketinggian sekitar 700-1.600 mdpl. Habitat tempat hidupnya adalah area yang memiliki sumber air, seperti area dekat aliran sungai, kolam, sawah, dan perkebunan warga.

 

Peneliti Amir Hamidy mengatakan katak ini ditemukan di daerah Lampung hingga Bengkulu. Dia sudah mendeteksi katak ini sejak 2011-2012. Katak ini ditemukan sejak tahun 2010 namun baru dinyatakan sebagai spesies terpisah pada tahun 2018 lalu. Dia mengatakan katak ini memang masuk grup katak yang berukuran kecil. Namun masih ada katak yang ukurannya lebih kecil dari Microhyla gadjahmadai ini. Katak Microhyla Gadjahmadai berukuran 18.2 mm sampai 21.3 mm untuk jantan. Sementara katak betina berukuran 20.4 mm sampai 25.5 mm.

 

Read 999 times Last modified on Monday, 04 March 2019 14:24