Wednesday, 06 March 2019 00:00

Startup Asal Indonesia Raih 5 Terbaik di Mobile World Congress di Barcelona

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Startup Asal Indonesia Raih 5 Terbaik di Mobile World Congress di Barcelona Foto : antaranews.com

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan dunia teknologi Indonesia. Startup asal Indonesia, Habibi Garden dinobatkan sebagai 5 terbaik dalam Global Mobile Award 2019, Mobile World Congress - MWC di Barcelona.Habibi Garden mengalahkan ribuan pesaing pada nominasi kategori 'Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs’.

Ini bukanlah penghargaan internasional pertama bagi Habibi Garden. Sebelumnya, Habibi Garden meraih dua penghargaan kategori ‘’People Choice Award Asia Pasific Investment Summit 2018’’ dan ‘’Best of The Best Future Makers 2018’’ yang berhasil mengalahkan startup dari negara Australia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Habibi Garden adalah aplikasi membantu para petani atau pemilik tanaman mengetahui kondisi tanaman, seperti nutrisi dan kebutuhan-kebutuhan lain.

tujuan utama aplikasi ini adalah membantu para petani dan penanam di Indonesia agar dapat “berbicara” dengan tanaman mereka. Komunikasi tersebut bisa terwujud berkat adanya alat dan juga aplikasi yang terhubung dan didesain dengan berbagai macam sensor seperti sensor suhu, kelembaban, nutrisi media tanaman, intensitas cahaya dan lainnya.

Dengan demikian para pemilik tanaman bisa mengetahui kebutuhan tanaman berdasarkan data yang didapatkan dari aplikasi. Penggunaan sensor Habibi Garden mampu mengurangi tingkat gagal panen dan meningkatkan produksi hingga 200%.

aplikasi ini sudah dipakai lebih dari 1.300 petani di Indonesia. Dengan penggunaan 600 sensor yang tersebar di Jawa dan Sumatera, Habibi Garden ini telah sukses meningkatkan nilai panen hingga 8 milyar rupiah dalam waktu kurang dari 10 bulan saja.

Adapun ‘’Global mobile Awards 2019’’ melihat bahwa solusi kolaboratif ini ternyata tidak hanya membantu petani secara teknis, namun juga secara sosial.

Pengalihan metode cocok tanam tradisional ke modern dengan menggunakan teknologi digital dan solusi pendanaan yang tepat guna ini selaras dengan berbagai poin dalam panduan pengembangan sosial dari Persatuan Bangsa-Bangsa: United Nations’ Sustainable Development Goals.

Read 803 times Last modified on Wednesday, 06 March 2019 13:40