Thursday, 18 April 2019 06:53

Bank Sampah Salah Satu Solusi Banjir dan Pencemaran Citarum

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan berupa tempat pengelolaan sampah kepada enam kota/kabupaten di sepanjang daerah aliran sungai Citarum di provinsi Jawa Barat. Secara simbolis, pemberian fasilitas pengelolaan sampah kepada Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi tersebut dilakukan di Keluarahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin lalu.

Die tempat tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meresmikan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah pusat daur ulang bekas tempat pembuangan akhir Cicabe. Pusat daur ulang Cicabe merupakan salah satu dari tiga pengelolaan sampah yang diresmikan menteri. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial, Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Nasser.

Dalam sambutannya Menteri Siti Nurbaya mengatakan, pemberian fasilitas pengelolaan sampah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah pusat menyelesaikan berbagai persoalan di sepanjang daerah aliran sungai Citarum. Dikatakannya, program Citarum Harum diberikan dalam rangka menyelesaikan masalah sampah, maka diberikan bantuan fasilitas pengelolaan.

Dia berharap, pola penyelesaian masalah sampah, yang menjadi salah satu penyebab sendimentasi Citarum, bisa ditiru oleh daerah lain. Pengelolaan sampah dengan cara daur ulang dinilai bisa menjadi solusi menyelesaikan pencemaran dan sendimentasi di sungai Citarum yang selalu menjadi penyebab banjir.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap tidak ada lagi sampah yang dibuang langsung ke Citarum. Ridwan Kamil mengatakan, pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan membentuk bank-bank sampah sampai ke titik desa/keluarahan, bahkan Rukun Warga. Namun, penyelesaian banjir dan sendimentasi Citarum melalui bank sampah harus didukung oleh masyarakat. Menurut Ridwan Kamil masyarakat harus mulai melakukan pemilahan.

Dikatakannya, edukasi kepada masyarakat dilakukan bukan hanya memberi pengetahuan proses pemilahan sampah, namun juga memberi peluang nilai ekonomi kepada masyarakat dari pilahan sampah yang bisa dijual ke bank-bank sampah. Bukannya hanya itu, pihaknya juga sedang menjajaki kerja sama dengan Pegadaian untuk bekerja sama supaya sampah yang dikelola bisa ditukar dengan emas.

Read 837 times