Sunday, 19 May 2019 00:00

Jateng Fair 2019.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Borobudur adalah candi atau kuil Budha terbesar di dunia. Sebagai salah satu ikon budaya Indonesia, kemegahan candi Borobudur menjadi tema “Jawa Tengah (Jateng Fair) 2019”. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini akan digelar pada 28 Juni hingga 14 Juli 2019.

Direktur PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng Titah Listiorini di Semarang, Kamis (16 Mei 2019) mengatakan tema Jateng Fair 2019 adalah Borobudur yang mulia dan agung atau 'Glorious Borobudur'. Menurutnya hal itu karena Candi Borobudur merupakan aset Jawa Tengah yang telah mendunia. Karena itu pihaknya bekerjasama dengan pihak pengelola Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, yang pada tahun ini akan mencanangkan Borobudur sebagai tempat spiritual dan cagar budaya, bukan hanya tempat wisata.

Dia menjelaskan pihaknya akan membuat dekorasi bernuansa Candi Borobudur selama 17 hari pelaksanaan Jateng Fair 2019 di kompleks Pusat Rekresai Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang. Dekorasi antara lain dengan menghadirkan area Borobudur Mini Park atau taman replika Candi Borobudur, Borobudur Art and Agriculture dan area Borobudur Culinary Fair. Hampir sama dengan tahun lalu, Jateng Fair 2019 memamerkan berbagai produk unggulan hasil pertanian, kerajinan tangan dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, pariwisata, hingga perusahaan multinasional. Para pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah (Senin – Kamis) dan 20.000 rupiah untuk akhir pekan. Para pengunjung juga akan dihibur artis ibu kota seperti Nella Kharisma, Hanin Dhiya, Ndx Aka, Fourtwnty, Souljah, band Grassrock, dan Ita Purnamasari. Tahun ini target pengunjung sebanyak 500.000 diharapkan dapat tercapai.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono berharap ajang Jateng Fair tiap tahunnya menghadirkan inovasi dan kreasi sehingga mampu menyedot pengunjung serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Jateng Fair 2019 termasuk rangkaian perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah. Karena itu dia ingin setiap tahun ada terobosan inovasi dan kreasi untuk memeriahkan Jateng Fair. Namun inovasi itu harus diikuti dengan jaminan keselamatan bagi para pengunjung.

Read 954 times Last modified on Monday, 20 May 2019 09:07