Saturday, 17 March 2018 13:40

Kesetaraan Gender Akan Tercapai Melalui sinergi antar Kementerian

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Peran gender dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi (Iptek) menjadi penting untuk diperhatikan baik dalam skala nasional maupun internasional. Demikian dikatakan Peneliti Gender dari Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wati Hermawati kepada Media usai Peluncuran buku Gender dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Media Center LIPI Jumat (16/03). Wati mengatakan stigma perkembangan Iptek hanya didominasi kaum laki-laki kini sudah memudar mengingat banyak peran perempuan yang dalam perkembangan Iptek. Wati meminta pemerintah Indonesia untuk dapat mensinergikan antar kementerian ataupun lembaga agar lembaga pemerintah dapat meminimalkan permasalahan gender.

“Kalau kita lihat isu-isu gender yang masih muncul ini kan banyak sekali kalau kita lihat Iptek itu dari berbagai sektor itu kita masih perlu kerja keras untuk mengoptimalkan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Tapi pemerintah tidak diam, pemerintah sudah melakukan itu. Hanya kita ini perlu sinergi. Jadi kalau hanya berjalan sendiri–sendiri, kementerian pemberdayaan perempuan berjalan sendiri tanpa ada mitra dengan kementerian lain atau stakeholders yang lain akan sulit tercapai.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan LIPI, Trina Fizzanty mengatakan persoalan bias gender harus dikikis dari waktu ke waktu. Menurutnya perempuan telah memberikan kontribusi berarti dalam perkembangan Iptek. Ahamd Faisal. VOI RRI.

Read 681 times Last modified on Sunday, 18 March 2018 09:04