Tuesday, 29 May 2018 12:40

Konsep Indo-Pasifik Akan Dibahas Saat Kunjungan Bilateral Perdana Menteri Narendra Modi

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Konsep Indo-Pasifik yang selama ini diperkenalkan oleh Indonesia ke beberapa negara akan menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Kamis, 30 Mei di Jakarta. Kedua negara memiliki kesamaan dalam konsep Indo-Pasifik. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Republik RI kepada awak media seusai acara buka puasa bersama para duta besar negara sahabat Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Senin, 28 Mei.

" Indo-Pasifik kita akan lanjutkan komunikasi kita. Presiden sudah menyampaikan kepada PM Modi pada bulan Januari, terus kemudian setelah itu ada beberapa komunikasi. Jadi prinsipnya kita tidak melihat adanya perbedaan konsep mengenai masalah Indo-Pasifik dan saya kira di dalam pertemuan nanti akan dibahas juga mengenai masalah Indo-Pasifik ".

Indo-Pasifik menjadi salah satu agenda penguatan politik luar negeri Indonesia di tahun 2018. Konsep Indo-Pasifik sudah digaungkan sejak 2013, dan Indonesia berfokus pada potensi di Samudra Hindia. Terdapat tiga prinsip kerja sama dalam konsep Indo-Pasifik Indonesia, yaitu kerja sama transparan, terbuka dan inklusif sesuai dengan hukum internasional. Indonesia tetap ingin menggunakan ASEAN sebagai sentralitas yang membangun arsitektur Indo-Pasifik ini. Oleh karena itu, Indonesia ingin menggunakan building block approach dengan memperkuat kerja sama negara pesisir Samudra Hindia. (Rezha)

 

 
Read 612 times Last modified on Wednesday, 30 May 2018 13:30