Wednesday, 11 January 2023 11:03

Mukomuko alokasikan Rp5 miliar bangun sarana pertanian

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)- Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk pembangunan sarana pertanian. "Anggaran sebesar Rp5 miliar tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) untuk pembangunan jalan usaha tani, jalan sentra produksi, dan pembangunan irigasi," kata Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Rivo Irawan di Mukomuko.

Ia mengatakan, anggaran untuk pembangunan sarana pertanian tahun 2023 menurun dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp6,7 miliar. Ia menambahkan, dengan anggaran sebesar Rp5 miliar tahun ini untuk pembangunan sebanyak 33 ruas jalan usaha tani dan jalan sentra produksi dan pembangunan irigasi di dua titik. Dari pembangunan sebanyak 33 ruas jalan tersebut, katanya, paling banyak pembangunan jalan sentra produksi perkebunan, hanya sebagian kecil pembangunan jalan usaha tani.

"Sejak tahun sebelumnya kebanyakan anggaran pembangunan sarana pertanian di dinas ini untuk pembangunan jalan sentra produksi karena daerah ini lebih banyak perkebunan kelapa sawit dibandingkan lahan persawahan," ujarnya. Sedangkan jenis pekerjaan pembangunan jalan usaha tani dan jalan usaha perkebunan di daerah ini pada 2023 sama dengan tahun sebelumnya, yakni terdiri dari pembukaan jalan baru, pengoralan, dan pembangunan jalan rabat beton.

Sementara itu, dari sekian banyak kegiatan pembangunan sarana pertanian berupa pembangunan jalan usaha tani dan jalan sentra perkebunan belum sepenuhnya mengakomodir hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan hingga kabupaten. "Dari hasil Musrenbang tidak sampai 50 persen jalan usaha tani dan jalan sentra produksi yang dibangun," ujarnya.

Ia mengatakan, kemungkinan usulan pembangunan jalan usaha tani dan jalan sentra produksi dari masyarakat setempat sejak lima tahun sebelumnya belum bisa diakomodir sampai sekarang. Dan setiap tahun tetap ada usulan baru pembangunan jalan dari masyarakat yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit kepada pemerintah daerah setempat.

 

antara

Read 207 times