Wednesday, 11 January 2023 20:53

Indonesia Berhasil Pimpin Presidensi G20 Tahun 2022

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Jakarta (voinews.id) : Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dilaksanakan di tengah kondisi global yang penuh tantangan. Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, hampir semua orang meragukan keberhasilan G20 akan berhasil dan memberikan hasil yang berarti bagi dunia.

“Alhamdulillah, kekhawatiran tersebut tidak terwujud,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM), Kamis (11/1) di Jakarta.

Retno mengatakan kepemimpinan Indonesia mampu menjaga keutuhan G20, bekerja dan menghasilkan kolaborasi konkrit yang bermanfaat bagi dunia, termasuk negara berkembang.

“KTT G20 juga menghasilkan Deklarasi, Deklarasi Bali yang substantif. Tanpa mengorbankan prinsip Piagam PBB, Deklarasi Bali menyampaikan komitmen untuk kerja sama yang konkrit,” kata Menlu.

Menurutnya, Presidensi Indonesia G20 tahun 2022 telah berhasil mencapai sejumlah terobosan, diantaranya pembentukan dana pandemi, peta jalan Bali Compact dan transisi energi Bali, jaringan inovasi digital dan operasionalisasi Resilience and Sustainability Trust untuk membantu ruang fiskal negara berkembang. 

“Deklarasi Bali dilengkapi dengan Lampiran dari 361 proyek dan program kerja sama antara G20 dan negara-negara mitra untuk dunia,” katanya.

Tanggung jawab Presidensi G20 tahun 2022, menurut Retno, telah berhasil diselesaikan dengan oleh Indonesia. Ia pun menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah memberikan dan menunjukkan dukungan kepada Indonesia.

“Indonesia telah membuktikan bahwa persahabatan dan kerjasama dapat bermanfaat bagi dunia,” katanya.

Ia pun menyampaikan harapan bagi India yang melanjutkan tongkat estafet Presidensi G20 tahun 2023 sekaligus menyampaikan dukungan penuh Indonesia kepada India.

Read 186 times