Wednesday, 11 January 2023 23:36

Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia akan bentuk Kantor Utusan Khusus untuk Myanmar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Jakarta (voinews.id) : Indonesia berkomitmen untuk melakukan segala upaya untuk membantu Myanmar keluar dari krisis politik. Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia akan membentuk Kantor Utusan Khusus dan akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM), Rabu (11/1) di Jakarta. Menurutnya langkah yang akan diambil oleh Indonesia dalam membantu penyelesaian krisis di Myanmar didasarkan pada mandat Konsensus Lima Poin (5PC) dan prinsip-prinsip dasar Piagam ASEAN.

“Sesuai dengan 5PC dan keputusan KTT ASEAN di Phnom Penh November lalu, Indonesia akan melibatkan semua pemangku kepentingan. Hanya melalui keterlibatan dengan semua pemangku kepentingan, mandat 5PC untuk memfasilitasi terciptanya dialog nasional dapat dilaksanakan,” kata Retno.

Selain itu menurut Retno, kolaborasi dengan Utusan Khusus Sekjen PBB akan dilanjutkan. Indonesia juga meminta agar Sekjen ASEAN dan AHA Center diberikan akses kepada seluruh pemangku kepentingan agar dapat melanjutkan misinya untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, Retno Marsudi juga menyoroti tidak adanya kemajuan dalam penyelesaian masalah Rohingya. Menurutnya, dalam tiga bulan terakhir, Indonesia menerima 644 pengungsi Rohingya, yang menambah daftar migran etnis Rohingya di Indonesia menjadi 1.500 orang. 

“Isu Rohingya akan semakin sulit diselesaikan dengan situasi terkini di Myanmar. Isu Rohingya tidak dapat diselesaikan jika akar permasalahan tidak tertangani,” katanya.

Namun demikian, menurut Retno, Keketuaan Indonesia juga akan memastikan bahwa pembangunan komunitas ASEAN tetap menjadi fokus prioritas.

“Isu Myanmar tidak boleh menyandera proses pembangunan komunitas ASEAN,” katanya.

Read 189 times