Thursday, 02 March 2023 18:09

Menlu RI akan Hadiri 8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue di Tokyo, Jepang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi, direncanakan berkunjung ke Tokyo, Jepang dalam rangka melaksanakan 8th Indonesia-Japan Ministerial Level Strategic Dialogue pada Senin (6/3) mendatang.

Menurut keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (2/3), Strategic Dialogue tahun ini bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang serta 50 tahun kemitraan ASEAN-Jepang. 

Dalam pertemuannya dengan Menlu Jepang Hayashi Yoshimasa, kedua Menlu akan membahas penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang.

“Termasuk di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, transisi energi, ketenagakerjaan, serta kelautan dan perikanan,” tulis Kemlu RI.

Selain itu disebutkan, kedua Menlu juga akan membahas isu-isu regional dan global, termasuk kemitraan ASEAN-Jepang dan implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

“Selama berada di Jepang, Menlu RI juga dijadwalkan bertemu dan melakukan diskusi dengan beberapa tokoh setempat mengenai Keketuaan Indonesia di ASEAN dan peningkatan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik,” sambung Kemlu.

Pada tahun 2022, Jepang merupakan mitra dagang ke-3 terbesar dan sumber investasi ke-4 terbesar di Indonesia.

Tahun lalu, nilai perdagangan bilateral kedua negara mencapai USD 42 milyar. Jumlah ini meningkat sebesar 29% dari tahun sebelumnya. Sementara investasi Jepang di Indonesia tahun lalu mencapai USD 3,56 milyar.

Strategic Dialogue ke-7 diselenggarakan di Jakarta pada 10 Januari 2020 bersama dengan Menlu Jepang sebelumnya, Motegi Toshimitsu.

Read 219 times